UMM Institutional Repository

KOORDINASI LINTAS SEKTORAL (Studi Penanganan Tanggap Darurat Penanggulangan Bencana Banjir Di Kabupaten Lamongan Tahun 2013 -2015)

AJI, IKHWAN KUSUMA (2017) KOORDINASI LINTAS SEKTORAL (Studi Penanganan Tanggap Darurat Penanggulangan Bencana Banjir Di Kabupaten Lamongan Tahun 2013 -2015). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikhwankusu-46296-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikhwankusu-46296-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keyword : Landasan Hukum, Koordinasi, Implementasi Latar Belakang Penelitian ini dimulai dari bencana banjir yang rutin terjadi di Kabupaten Lamongan, badan penangulangan bencana kabupaten lamongan dengan dibantu beberapa SKPD terkait dalam penanggulangan bencana. Perlunya Koordinasi BPBD dengan SKPD terkait guna dapat menanggulangi bencana khususnya bencana banjir. Akan tetapi jika dilihat dari permasalahan yang ada dalam bencana yang rutin terjadi tersebut bisa disimpulkan bahwa kurangnya koordinasi antar sektoral. Disisi lain BPBD hanya memiliki peran komando, koordinasi, pelaksana buka tim teknis yang menangani langsung kejadian saat bencana, maka perlunya koordinasi dilakukan. Koordinasi yang dilakukan pada saat tanggap darurat dengan dua cara yaitu koordinasi secara menyeluruh dan koordinasi insidental, koordinasi secara menyeluruh dimaksud adalah koordinasi yang melibatkan seluruh SKPD teknis dan membicarakan seluruh persoalan yang ada pada saat bencana, koordinasi insidental biasanya di komando langsung dari sekretaris daerah di lokasi kejadian banjir dalam koordinasi insitdental ini hanya beberapa saja yang ikut di dalamnya. Pada saat tanggap darurat SKPD terkait harus menyetahui apa yag sudah menjadi tugasnya. Penyaluran informasi yang kurang valid atau duplikasi informasi menjadi permalahan dalam tanggap darurat. Dengan demikian BPBD dan tim teknis harus melihat kembali pedoman pengurangan resiko bencana (PRB) yang telah dibuat oleh kabupaten lamongan dan tidak lepas dari acuan landasan hukum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara langsung, serta dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana koordinasi BPBD yang telah di bangun dengan SKPD terkait guna menanggulangi bencana. Setelah peneliti simpulkan adalah koordinasi sangat diperlukan daam hal menanggulangi bencana bisa dikategorikan belum sesuai dengan rencana kontijensi dan pengurangan resiko bencana yang di buat oleh kabupaten lamongan sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 07 Jan 2017 01:37
Last Modified: 07 Jan 2017 01:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34605

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo