UMM Institutional Repository

KONFLIK KEPEMILIKAN SUMBER MATA AIR UMBULAN DI DESA UMBULAN KECAMATAN WINONGAN KABUPATEN PASURUAN

SALEH, WILLY ABRAHAM (2017) KONFLIK KEPEMILIKAN SUMBER MATA AIR UMBULAN DI DESA UMBULAN KECAMATAN WINONGAN KABUPATEN PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-willyabrah-46299-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-willyabrah-46299-2-babi.pdf

Download (961kB) | Preview

Abstract

Keyword : Konflik, Pemerintah, Sumber Mata Air Penelitian ini berdasarkan adanya sumber mata air di desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan yang menghasilkan debit air sebesar 5000 liter/detik. Pada tahun 1915 Sumber Mata Air tersebut ditemukan oleh Belanda. Daerah sumber air Umbulan diserahkan dan akhirnya di kuasai Stang / Gameenli Van Off Pasoeroean (Pemerintah Kota Pasuruan), sebab sebagai Kota Bandar yang statusnya pelabuhan pada tahun 1926 dengan stbl (undang-undang) No. 521 tahun 1936 adalah Kota penting untuk perdagangan perindustrian. Berkat usahanya yang maksimal akhirnya sumber mata air Umbulan menjadi milik Pemerintah Kota Pasuruan. dengan surat keputusan tertanggal 28 september 1972 no. DA/02/SK/M1/Peng/72 usaha Pemerintah daerah dikabulkan oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur. Wilayah Kabupaten Pasuruan tidak pernah menikmati sumber mata air umbulan sehingga banyak terjadi kekeringan dan krisis air bersih di wilayah Kabupaten Pasuruan. Pada tahun 2013 Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan mengelola sumber mata air untuk didistribusikan bagi lima daerah namun melakukan penandatanganan MOU dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. sehingga timbul konflik antara Pemerintah Kabupaten Pasuruan dengan Pemerintah Kota Pasuruan. konflik menurut fischer tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri. Konflik bisa terjadi karena hubungan antara dua pihak atau lebih yang memiliki atau merasa memiliki tujuan-tujuan yang tidak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif artinya dalam hal ini penulis (menggambarkan). Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa konflik yang terjadi bersifat konstruktif yang bersifat fungsional, konflik ini muncul akibat Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan penandatanganan MOU Mega Proyek Umbulan dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. sehingga Pemerintah Kota Pasuruan sebagai pemilik sumber mata air Umbulan meminta kejelasan terlebih dahulu siapa pemilik sumber mata air tersebut. dengan adanya konflik tersebut mega proyek Umbulan yang akan mendistibusikan air bersih bagi lima daerah menjadi mangkrak. Manajemen konflik sumber mata air Umbulan adalah manajemen dengan gaya kompromi yang merupakan gaya yang paling realitas yang dapat memberikan hasil untuk menyelesaikan konflik. kompromi yang dilakukan tujuannya untuk menemukan solusi yang setidaknya memuaskan semua pihak yang berkonflik. Kompromi yang dilakukan agar Pemerintah Kota Pasuruan ikut menyetujui Mega Proyek Umbulan yang akan didistribusikan bagi lima daerah. Hasil kompromi tersebut yaitu wilayah kota Pasuruan yang selama ini hanya mendapatkan 65 liter/ detik dengan adanya mega proyek ini Pemerintah Kota Pasuruan akan mendapatkan tambahan jatah air sebesar 110 liter/detik dengan harga yang paling murah yaitu Rp 1050 / m3.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 07 Jan 2017 01:24
Last Modified: 07 Jan 2017 01:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34602

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo