UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAANBIMBINGAN DAN KONSELING DI SDN MOJOLANGU 1 MALANG

FITRIANI, YULIA (2016) ANALISIS PELAKSANAANBIMBINGAN DAN KONSELING DI SDN MOJOLANGU 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andikprase-46262-1-pendahul-n.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andikprase-46262-2-babi.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pelaksanaan, Bimbingan Dan Konseling di SD ABSTRAK Pemberian pelaksanaan bimbingan dan konseling di SDN Mojolangu 1 Malang menjadi tanggungjawab dan tugas guru kelas sebagai pembimbing utama yang setiap harinya berada disekitar peserta didik dalam proses pendidikan sehingga guru kelas lebih bisa memahami perkembangan peserta didiknya. Pelaksanaan bimbingan dan konseling diberikan untuk dapat mencapai perkembangan peserta didik secara optimal sehingga diperlukannya persiapan yang benar sebelumnya. Namun pada kenyataannya guru kelas mempunyai hambatan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling yaitu kurangnya pemahaman, kemauan, serta keterampilan guru kelas dalam melaksanaan bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk: “Mendeskripsikan (pelaksanaan, kendala dan upaya) yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SDN Mojolangu 1 Malang”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan dan konseling di SDN Mojolangu 1 Malang. Sumber data yaitu kepala sekolah, dan guru kelas I-VI di SDN Mojolangu 1 Malang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru kelas yaitu penyusunan program bimbingan dan konseling serta perencanaannya, tetapi guru kelas kurang dalam mengetahui bagaimana penyusunan program bimbingan dan konseling serta perencanaannya. Guru kelas hanya menyusun program bimbingan dan konseling sebagai salah satu administrasi wajib yang dimiliki setiap guru kelas di SDN Mojolangu 1 Malang. (2) kendala guru dan sekolah dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling yaitu pemahaman, kemauan, serta keterampilan yang dimiliki setiap guru kelas. Komponen lain yang menjadi kendala dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling yaitu minimnya sarana prasarana yang dimiliki oleh SDN Mojolangu 1 Malang, karena tidak adanya ruangan khusus untuk pelaksanaan bimbingan dan konseling. (3) upaya mengatasi kendala pelaksanaan bimbingan dan konseling di SDN Mojolangu 1 Malang yaitu guru kelas sebagai guru BK dan sekolah akan menyediakan ruangan khusus untuk bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Jan 2017 07:51
Last Modified: 05 Jan 2017 07:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34600

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo