UTOMO, ANDIK PRASETYA (2017) ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS III SDN PAGERLUYUNG 2 KECAMATAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-andikprase-46262-1-pendahul-n.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-andikprase-46262-2-babi.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
Keyword : Keterampilan Membaca Puisi Keterampilan membaca puisi di sekolah dasar perlu dilatihkan menggunakan metode yang sesuai dengan aspek keterampilannya seperti membaca dengan mimik, lafal, jeda dan intonasi. Guru dapat menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan dan metode demonstrasi untuk mendemonstrasikan pembacaan agar siswa dapat menirukan dan mempraktekan secara langsung. Keterampilan membaca puisi siswa bervariasi ada yang bagus dan ada yang tidak bagus dari 19 siswa 10 siswa membaca puisi dengan baik sedangkan 9 siswa belum baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pembelajaran keterampilan membaca puisi yang dilakukan oleh guru di kelas III, (2) Tingkat keberhasilan siswa dalam keterampilan membaca puisi, (3) Faktor yang menentukan keberhasilan dan ketidak berhasilan dalam keterampilan membaca puisi, (4) Tindak lanjut yang dapat dilakukan dalam pembelajaran membaca puisi terkait dengan temuan keberhasilan dan ketidak berhasilan dalam keterampilan membaca puisi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pagerluyung 2 yang beralamat di Jl. Manggis Desa Pagerluyung Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Sumber data yang dipilih yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan Focus Group Discussion (FGD). Analisis data dilakukan melalui tahapan (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data dan, (4) Verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pembelajaran membaca puisi diawali dengan guru memberikan penjelasan teori membaca puisi dan guru mempraktekkan membaca puisi dilanjutkan siswa maju ke depan satu persatu untuk mempraktekkan membaca puisi dan diakhiri dengan penilaian keterampilan membaca puisi, (2) Tingkat keberhasilan siswa dalam membaca puisi pada kategori bagus 4 siswa sedangkan 14 siswa kategori cukup, (3) Penentu keberhasilan siswa adalah adanya faktor intern dan faktor ekstern diantaranya pembelajaran sebelumnya mendukung keterampilan membaca puisi dan faktor motivasi dari dalam diri siswa sedangkan faktor ekstern yaitu adanya pembelajaran dan pengetahuan keterampilan yang diberikan guru. Sedangkan faktor ketidakeberhasilan dikarenakan tema puisi yang dibaca oleh siswa terlalu sulit difahami oleh anak usia kelas III, (4) Tindak lanjut hasil penelitian ini adalah memberikan rekomendasi kepada guru kelas III untuk memberikan contoh praktek membaca puisi pada semua aspek dengan penambahan alokasi waktu pembelajaran. Materi pembelajaran puisi pada pembelajaran selanjutnya menggunakan materi yang mudah difahami oleh siswa usia kelas III SD
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | Mr Ahmad Adi Husada |
Date Deposited: | 05 Jan 2017 07:44 |
Last Modified: | 05 Jan 2017 07:44 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |