UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 MENUNGGAL KABUPATEN GRESIK

NIKMAH, AWWALINA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 MENUNGGAL KABUPATEN GRESIK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-awwalinani-46263-1-pendahul-n.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-awwalinani-46263-2-babi.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Keyword : Model Pembelajaran Picture and Picture, Keterampilan Menulis, Eksposisi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa kemampuan menulis eksposisi siswa masih rendah. Siswa kesulitan menuangkan ide gagasan secara tertulis dan sistematis. Siswa kesulitan menuliskan proses atau cara membuat sesuatu secara urut. Berdasarkan masalah tersebut perlu adanya solusi melalui penerapan model pembelajaran picture and picture yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran picture and picture pada keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas IV SDN 2 Menunggal (2) meningkatkan keterampilan menulis eksposisi menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SDN 2 Menunggal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Menunggal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Pembelajaran menulis eksposisi telah dilaksanakan sesuai dengan sintak model pembelajaran picture and picture dan berlangsung baik pada siklus I dan II. Berdasarkan hasil evaluasi keterampilan menulis eksposisi mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil keterampilan menulis mencapai 58,8%, sedangkan pada siklus II mencapai 82,3%. Prosentase itu melebihi KKM yang ditetapkan yaitu 65. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis eksposisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Jan 2017 07:33
Last Modified: 05 Jan 2017 07:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34598

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo