UMM Institutional Repository

Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) tema 3 subtema 1 menggunakan model PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas IV Sekolah Dasar

ZAHARA, ELZAUJA (2016) Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) tema 3 subtema 1 menggunakan model PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elzaujazah-46265-1-pendahul-n.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elzaujazah-46265-2-babi.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengembangan, LKS, Model PBL (Problem Based Learning) Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah salah satu media cetak untuk membantu guru memudahkan penyampaian materi pembelajaran, agar pembelajaran tercapai.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa LKS bermodel PBL pada tema 3 “Peduli terhadap Makhluk Hidup”subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mendiskripsikan kevalidan LKS, mendiskripsikan aktivitas, dan hasil belajariswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Subjek ujicoba produk terdiri dari 10 siswa dan ujicoba pemakaian 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, untuk menilai LKS yang dikembangkan dari segi kelayakan isi, kesesuaian penyajian dengan pendekatan pembelajaran, Syarat Dedaktik, Syarat Konstruksi, Syarat Teknis. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi memperoleh nilai sebesar 80,9 ( kategori Baik), Keefektifan produk ditinjau dua macam, yaitu hasil belajar dan keaktifan siswa. Hasil belajar siswa diukur dari pretest dan posttest. Ketuntasan hasil belajar siswa pada tahap pretest sebesar 41,91% (kategori sangat rendah) sedangkan tidak tuntas 58,06%dengan (kategori kurang).Ketuntasan hasil belajar pada tahap posttest sebesar 83,87% (kategori baik) sedangkan tidak tuntas 16,12% (kategori sangat kurang). Keaktifan siswa memperoleh rata-rata sebesar 85,03% (kategori sangat baik). Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa LKS bermodel PBL ini adalah valid dan efektif. Maka disarankan agar LKS ini digunakan dalam pembelajaran karena terbukti valid dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Jan 2017 07:23
Last Modified: 05 Jan 2017 07:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34596

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo