UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SISWA KELAS IV SDN 3 JEPUN TULUNGAGUNG

JAMIL, (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SISWA KELAS IV SDN 3 JEPUN TULUNGAGUNG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jamil-46268-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jamil-46268-2-babi.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Keyword : Peningkatan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Mind Mapping Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 3 Jepun Tulungagung. Rendahnya hasil belajar IPA dipengaruhi oleh perilaku guru yang belum sepenuhnya menciptakan suasana pembelajaran sehingga siswa dapat menemukan konsep-konsep IPA. Salah satu fokus pembelajaran IPA yakni adanya interaksi pada objek atau alam secara langsung. Guru hanya meminta siswa mencatat materi yang ada dibuku paket dicatat kembali dibuku tulisnya, sehingga hal ini membuat siswa merasa bosan. Selain itu rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena siswa sulit mengingat materi sehingga ketika mendiskripsikan sesuatu siswa merasa kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 3 Jepun Tulungagung. Mata pelajaran IPA dipilih karena merupakan mata pelajaran yang penting dan berguna untuk kehidupan karena melatih siswa berpikir kritis. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kolaboratif yang melibatkan dari beberapa pihak yakni kepala sekolah, peneliti sebagai guru model, guru kelas IV SDN 3 Jepun Tulungagung yang bertujuan untuk peningkatan mutu proses dan hasil dari suatu pembelajaran. Penelitian ini sendiri dirancang dalam bentuk siklus untuk mencapai suatu taraf keberhasilan dari tindakan yang sudah ditentukan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian Penelitian Tindakan Kelas adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV SDN 3 Jepun Tulungagung berjumlah 11 siswa. Analisis data dalam penelitian ini yakni, analisis kuantitatif menggunakan ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal, analisis kualitatif melalui 3 tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, penerapan model pembelajaran mind mapping dapat membantu siswa dalam mengolah materi pembelajaran yang diterima dengan membuat tafsiran baik berupa pengkategorian dengan menggunakan garis-garis, warna-warna yang merangsang perkembangan otak sehingga memudahkan otak siswa untuk mengingat kembali materi pelajaran yang diterimanya, serta siswa mengetahui cara belajar menyenangkan, dan siswa mudah untuk mendiskripsikan suatu materi. Hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 73%. Pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 82%. Sehingga sudah mencapai ketuntasan klasikal yang digunakan yaitu ≥75%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 3 Jepun Tulungagung dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 05 Jan 2017 07:10
Last Modified: 05 Jan 2017 07:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34593

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo