UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN KEDUNGREJO JOMBANG

PRASETYO, MUHDLORIANTO EKO (2017) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN KEDUNGREJO JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhdlorian-46271-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhdlorian-46271-2-babi.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pendekatan matematika realistik, hasil belajar Bidang studi matematika sering kali menjadi momok atau salah satu mata pelajaran yang kurang disukai siswa. Bahkan, bisa menjadi mata pelajaran yang sangat ditakuti siswa. Oleh karena itu, guru dituntut memotivasi siswa untuk lebih menarik perhatian siswa, sehingga anggapan seperti itu tidak lagi menghinggapi siswa. Salah satunya dengan penggunaan metode, pendekatan dan media pembelajaran yang tepat dan menarik untuk siswa. Pendidikan Matematika Realistik (PMR) adalah suatu teori dalam pendidikan matematika yang dikembangkan pertama kali di negeri Belanda. Dalam PMR, proses belajar mempunyai peranan penting. Rute belajar (learning route) dimana siswa mampu menemukan sendiri konsep dan ide matematika, harus dipetakan, sebagai kesempatan kepada siswa untuk memberikan kontribusi terhadap proses belajar mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu. Data dalam penelitian ini merupakan hasil pre-test dan post-test. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV A-B SDN Kedungrejo Jombang. Instrumen yang digunakan adalah pre-test, post-test dan rpp. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas IV-A (kelas eksperimen. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar matematika kelas IV-A (kelas eksperimen atau kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan matematika realistik) lebih tinggi daripada kelas IV-B (kelas kontrol atau kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Jan 2017 07:54
Last Modified: 04 Jan 2017 07:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34590

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo