UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN TEORI BELAJAR VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 LEBAK BAWEAN KABUPATEN GRESIK PADA MATERI

HASANAH, NURFITRIANI (2017) PENGGUNAAN TEORI BELAJAR VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 LEBAK BAWEAN KABUPATEN GRESIK PADA MATERI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurfitrian-46272-1-pendahul-n.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurfitrian-46272-2-babi.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Keyword : Teori Belajar Van Hielle, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar, Geometri Penelitian ini didasari oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Guru hanya dapat menjelaskan materi pembelajaran dengan cara klasikal seperti ceramah monoton dari guru dan menghafal, sehingga siswa menjadi pendengar dan penghafal yang pemahamannya kurang selama proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa dalam memahami materi tersebut masih rendah. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Lebak Bawean Kabupaten Gresik pada materi geometri menggunakan teori belajar van hielle. 2). Bagaimana peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V SDN 2 Lebak Bawean Kabupaten Gresik pada materi geometri menggunakan teori belajar van hielle. Tujuan penelitian yang akan dicapai dalam PTK ini adalah : 1). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Lebak Bawean pada materi geometri setelah menggunakan teori belajar van hielle. 2). Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V SDN 2 Lebak Bawean Kabupaten Gresik setelah menggunakan teori belajar Van Hielle. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi geometri dengan menggunakan teori belajar Van Hielle melalui penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Lebak Bawean Kabupaten Gresik yang berjumlah 14 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi pemahaman konsep siswa, alat tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Data awal hasil belajar siswa yaitu dari 14 siswa hanya 3 siswa atau 21,40% yang dinyatakan tuntas. Dan setelah menggunakan teori Van Hielle pada tindakan siklus I ada 8 siswa atau 57,10%, pada siklus II ada 14 siswa atau 85,70%, dan pada siklus III ada 13 siswa atau 92,85%. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa juga meningkat pada setiap indikatornya yakni dari angka terendah 1,70 sampai angka tertinggi 3,85. Penggunaan teori belajar Van Hielle telah terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar mateti geometri pada siswa kelas V SDN 2 Lebak Bawean Kabupaten Gresik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Jan 2017 07:35
Last Modified: 04 Jan 2017 07:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34589

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo