UMM Institutional Repository

ANALISIS ICE BREAKING OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA NGADIRESO PONCOKUSUMO MALANG

SARIKYON, (2017) ANALISIS ICE BREAKING OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA NGADIRESO PONCOKUSUMO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sarikyon-46274-1-pendahul-n.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sarikyon-46274-2-babi.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Keyword : Ice Breaking, Pembelajaran Matematika Kelas V Metode Ice breaking merupakan permainan atau kegiatan yang berfungsi untuk mengubah suasana kebekuan dalam kelompok. Ice breaking merupakan salah satu upaya untuk melebur dinding-dinding kebekuan interaksi dan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk Ice breaking yang dilakukan guru di MI Miftahul Huda Ngadireso Poncokusumo Malang. (2) Untuk mengetahui manfaat pelaksanaan Ice breaking bagi guru dan siswa di Mi Miftahul Huda Ngadireso Poncokusumo Malang. (3) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat ice breaking guru dalam pembelajaran matematika Kelas V di MI Miftahul Huda Ngadireso Poncokusumo Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian yaitu MI Miftahul Huda Ngadireso Poncokusumo Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik ini dapat mencakup kegiatan untuk mengetahui analisis ice breaking oleh guru dalam pembelajaran matematika Kelas V di MI Miftahul Huda Ngadireso Poncokusumo Malang. Secara umum, data yang diperoleh dianalisis melalui kualitatif deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ice breaking yang selama ini dilakukan yaitu berupa aktivitas melakukan tepuk tangan dan bernyayi, siswa diajak untuk membentuk suatu pola sehingga pola tersebut digunakan untuk membentuk permainan dengan tetap memperhatikan proses pembelajaran yang dilakukan. Faktor yang menghambat ice breaking guru dapat diketahui bahwa faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan metode ice breaking yaitu dari siswa dan guru sendiri, dimana antusias dari siswa akan mendukung proses penerapan metode ice breaking dan seringnya guru sulit untuk mendapatkan ide-ide untuk mencairkan suasana kelas menjadi faktor penghambat dalam proses ice breaking. Adapun faktor yang menjadi pendukung yaitu sikap dari anak-anak sendiri dan dari guru, sehingga aktivitas pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal. Siswa memiliki sikap yang mudah diarahkan dan mengikuti pentunjuk yang diberikan oleh guru dan hal ini menjadi pendukung atas keberhasilan dalam penerapan metode ice breaking untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Jan 2017 07:25
Last Modified: 04 Jan 2017 07:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34587

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo