UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA MAKET ALAM KINCAPELIK (KINCIR AIR PEMBANGKIT LISTRIK) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD

SUCIATI, (2017) PENGEMBANGAN MEDIA MAKET ALAM KINCAPELIK (KINCIR AIR PEMBANGKIT LISTRIK) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suciati-46275-1-pendahul-n.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suciati-46275-2-babi.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengembangan, Media Pembelajaran, Pembelajaran Tematik, Maket Alam Kincapelik Siswa sekolah dasar termasuk dalam rentang usia dini yang proses pembelajarannya masih tergantung pada objek-objek yang konkrit dan pengalaman siswa secara langsung. Berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan, diperoleh data bahwa sekolah-sekolah kurikulum tematik tidak memiliki media pembelajaran yang dapat menggambarkan objek-objek yang konkrit. Media masih dalam bentuk satuan mata pelajaran, sehingga tujuan dari pembelajaran tematik yaitu memudahkan siswa dalam memahami pelajaran secara holistik (utuh) tidak dapat terwujud. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di Sekolah Dasar, dibutuhkan adanya sebuah media pembelajaran tematik yang dapat digunakan sebagai alat yang dapat membantu siswa dalam memahami suatu konsep secara holistik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media Maket Alam Kincapelik dalam pembelajaran tematik kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 10 tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, (9) revisi produk tahap akhir dan (10) produksi massal. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, penelitian ini berhenti sampai tahap kedelapan yakni tahap ujicoba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan (validasi) menurut ahli materi dengan persentase total 100% kualifikasi sangat baik, ahli media dengan persentase total 90,76% kualifikasi sangat baik, ahli pembelajaran tematik 82 % dan 98 % dengan kualifikasi sangat baik. Hasil ujicoba produk kelompok kecil pada 12 siswa kelas IV SDN Dadaprejo I dengan persentase respon positif siswa sebanyak 98,3%, sedangkan ujicoba kelompok besar kepada 55 siswa kelas IV SDN Mojorejo I dan Torongrejo I menunjukkan persentase sebesar 93,15%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media maket alam Kincapelik dalam pembelajaran tematik dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran tematik di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Jan 2017 07:15
Last Modified: 04 Jan 2017 07:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34586

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo