UMM Institutional Repository

DAMPAK TAYANGAN SINETRON DEWASA TERHADAP KARAKTER DISIPLIN ANAK DI SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG

JOU, TASLIM S. (2017) DAMPAK TAYANGAN SINETRON DEWASA TERHADAP KARAKTER DISIPLIN ANAK DI SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-taslimsjou-46276-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-taslimsjou-46276-2-babi.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Keyword : Tayangan, Sinetron dewasa, Karakter, Disiplin Dewasa ini tayangan ditelevisi banyak memunculkan kontradiksi pada kalangan anak-anak khsusnya pada anak usia dini, hal ini dikarenakan adanya berita ataupun tayangan yang memunculkan kesenjangan yang dipertontonkan, banyak kasus yang terjadi dan muncul dimasyarakat terkait dengan kenakalan anak anak dibawah usia , berbagai ragam penyiaran yang dipertontontonkan ditelevisi memang banyak memiiki unsur negatif jika seorang anak menonton dan disertakan dengan praktek diluar baik dengan teman sebayanya hingga kelakuan anak tersebut pada orang tua dan masyarakat dilingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif.Dimana peneliti berusaha membedah fenomena aktual yang terjadi yang secara fakta dan sistematis. Dengan tujuan mendapatkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Data didapatkan melalui teknik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sumber data adalah Kepala sekolah, guru dan siswa sebanyak 8 orang. Dengan menggunakan tekhnik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 16 Agustus sampai 29 Agustus 2016. Penulis melakukan penelitian awal dengan melakukan pengamatan dilingkungan sekolah kemudian penulis juga bertanya kepada guru terkait dengan dampak sinetron dewasa terhadap karakter disiplin anak. Berdasarkan penelitian tersebut hasil yang diperoleh sebagai berikut: (1) Dampak sinetron dewasa sangat berpengaruh terhadap karakter disiplin anak, dimana anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya didepan televisi. Hal tersebut secara tidak langsung mengakibatkan kedisplinan anak-anak akan terganggu. (2) Penerapan karakter disiplin di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang bisa dikatakan sudah sangat bagus, hal itu terlihat dari aturan-aturan yang dibuat oleh sekolah kemudian diterapkan pada siswa, dimana aturan tersebut sifatnya mengikat, apabila siswa melakukan pelanggaran maka akan dikenakan sanksi atau point. (3) Kendala dan upaya penanggulangan dampak sinetron dewasa terhadap karakter disiplin anak adalah karena siswa terlahir dengan karakter yang berbeda-beda, ada siswa yang mudah untuk mengikuti aturan, adapula siswa yang sangat sulit untuk mengikuti aturan. Dan solusinya adalah guru diharapkan harus sabar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Jan 2017 07:09
Last Modified: 04 Jan 2017 07:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34585

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo