UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGASUHAN IBU BERKARIR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI SDN MOJOLANGU 1 MALANG

LASTARI, AYUANA CHOIRUN NISA (2016) ANALISIS PENGASUHAN IBU BERKARIR TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI SDN MOJOLANGU 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ayuanachoi-45804-1-pendahul-n.pdf

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ayuanachoi-45804-2-babi.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengasuhan, Ibu Berkarir, Karakter ABSTRAK Pengasuhan anak merupakan kebutuhan pokok bagi orang tua dalam memenuhi kewajiban maupun tanggung jawab kepada anak-anaknya. Pengasuhan dan pendidikan pertama yang diperoleh anak pada masa awal kehidupannya berasal dari orang tua. Orang tua merupakan pendamping utama dan contoh pertama dalam setiap proses perkembangan maupun pertumbuhan sang anak. Pengasuhan orang tua akan menjadi peletak dasar dalam pembentukan kepribadian yang baik pada diri anak, terutama pengasuhan dari seorang ibu karena sejak anak masih berada di dalam kandungan sampai anak dilahirkan, ibulah yang selalu ada disampingnya sampai anak dapat mencapai masa kedewasaan. Pengasuhan yang diberikan kepada anak bisa dalam bentuk sikap, watak, tingkah laku, kebiasaan, dan karakter yang ditampilkan oleh seorang ibu dalam kehidupan sehari-hari. Apabila ibu mempunyai kegiatan lain diluar mengasuh dan mendidik anak seperti bekerja maka ibu mempunyai peran ganda yaitu mempuyai tanggung jawab dalam keluarga dan tanggung jawab di tempat bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk: “Mendeskripsikan (peran ganda dan hambatan) yang dilakukan dan dialami oleh ibu dalam mengasuh dan mendidik anak”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah pengasuhan ibu berkarir dalam pembentukan karakter. Sumber data yaitu ibu-ibu (wali murid) yang berkarir. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran ibu berkarir dalam mengasuh dan mendidik anak yaitu menjaga komunikasi, membuat batasan dan aturan yang disepakati antara ibu dan anak, dan memberikan dukungan serta motivasi penuh terhadap kegiatan anak yang positif. (2) Hambatan yang dialami oleh ibu berbeda-beda yaitu anak yang pendiam, anak yang tidak percaya diri dan anak yang pelupa sehingga ibu mencari solusi dengan cara pendekatan dengan anak dan berkomunikasi yang baik dengan anak. Solusi yang ibu temukan dalam proses pengasuhan yaitu dengan cara memberikan pelukan, memberikan kata-kata motivasi sehingga anak merasa lebih percaya diri, menemani saat belajar dan memberikan perhatian-perhatian khusus sehingga anak merasa ibu selalu berada didekatnya karena pendekatan sang ibu kepada anak sangat intens.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Nov 2016 08:11
Last Modified: 18 Nov 2016 08:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34452

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo