UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN KERJA KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN SUKOANYAR 01 WAJAK

NARULITA, HANA (2016) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN KERJA KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN SUKOANYAR 01 WAJAK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hananaruli-45617-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hananaruli-45617-2-babi.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Keyword : Model Penemuan Terbimbing, Kerja Kelompok, Matematika Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, guru dituntut lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Guru menggunakan model dan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kemampuan intelektual siswa, agar siswa terbiasa menemukan, mencari dan mendiskusikan sesuatu yang berkaitan dengan pelajaran yang pada akhirnya dapat memperoleh pengalaman belajar sendiri. Model pembelajaran penemuan terbimbing merupakan suatu model yang digunakan untuk menyampaikan materi matematika yang memungkinkan siswa dapat menemukan sendiri pola matematika dengan melibatkan pengetahuan peserta didik sebelumnya dengan bantuan pengarahan dari guru, dalam mempergunakan ide, konsep, dan keterampilan yang sudah siswa pelajari sebelumnya untuk mendapatkan pengetahuan yang baru. Model penemuan terbimbing tidak hanya dapat dilakukan melaui individu, namun juga dapat dilakukan dengan kerja kelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian analisis. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Sukoanyar 01 tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 19 siswa. Adapun tujuan dari panelitian ini untuk mengetahui (1) implementasi penggunaan model penemuan terbimbing berbantuan kerja kelompok pada mata pelajaran matematika (2) kelebihan penggunaan model penemuan terbimbing berbantuan kerja kelompok pada mata pelajaran matematika (3) kelemahan penggunaan model penemuan terbimbing berbantuan kerja kelompok pada mata pelajaran matematika Hasil penelitian menunjukkan (1) implementasi pada penggunaan model penemuan terbimbing berbantuan kerja kelompok pada mata pelajaran matematika yang dilakukan oleh guru menunjukkan adanya perbedaan dengan teori, perbedaan tersebut terlihat pada sintak model penemuan terbimbing (2) kelebihan dari penggunaan model tersebut mampu menjadikan siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas dan siswa lebih semangat dalam mengerjakan tugas karena mendapatkan pengarahan dari guru (3) kelemahannya terlihat dari beberapa siswa dalam kelompok tidak bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru dan dalam kegiatan kerja kelompok siswa terkadang lebih suka mengerjakan sendiri dari pada bekerjasama dengan anggota kelompoknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 18 Nov 2016 07:51
Last Modified: 18 Nov 2016 07:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34448

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo