UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI BINATANG PADA SISWA KELAS II SDN MEJOYO KABUPATEN MOJOKERTO DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

KUSMAWATI, ELIS (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI BINATANG PADA SISWA KELAS II SDN MEJOYO KABUPATEN MOJOKERTO DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eliskusmaw-45620-1-1.penda-n.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eliskusmaw-45620-2-1.babi.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Keyword : Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Binatang, Student Teams Achievement Division (STAD) Pada kenyataannya hasil belajar menulis siswa di SDN Mejoyo Kabupaten Mojokerto masih di bawah KKM yang ditentukan yaitu 72 karena kurangnya perhatian guru terhadap siswa yang belum memahami materi yang diajarkan, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui penggunaan model STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penerapan model STAD dalam meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi binatang pada siswa kelas II SDN Mejoyo Kabupaten Mojokerto, dan (2) mendeskripsikan hasil belajar menulis deskripsi binatang setelah diterapkan model STAD pada siswa kelas II SDN Mejoyo Kabupaten Mojokerto. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan tiap siklus satu pertemuan. Sumber data penelitian ini, siswa kelas II SDN Mejoyo Kabupaten Mojokerto tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, (3) studi dokumentasi, (4) lembar kerja kelompok, dan (5) tes. Instrumen yang digunakan yaitu: (1) lembar wawancara, (2) lembar pengamatan guru, (3) lembar pengamatan siswa, dan (4) soal tes. Data dianalisis secara deskriptif baik deskriptif kuantitatif maupun deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan model STAD pada menulis deskripsi binatang di SDN Mejoyo Kabupaten Mojokerto pada siklus 1 terdapat kegiatan belajar awal, inti, dan akhir. Pada siklus 1 terdapat kekurangan yaitu kurangnya pengondisian kelas sehingga suasana belajar ramai dan banyak siswa dalam menulis deskripsi binatang tidak menggunakan ejaan dan tanda baca serta penggunaan kata yang tepat sehingga diperlukan siklus 2. Pada kegiatan awal terdapat kegiatan penyampaian tujuan dan motivasi. Pada kegiatan inti terdapat kegiatan pembagian kelompok, penyampaian materi, kerja kelompok, evaluasi, dan penghargaan prestasi. Pada siklus 2 terdapat kegiatan belajar awal, inti, dan akhir. Pada siklus 2 siswa mampu menyebutkan nama dan ciri khusus binatang dengan tepat dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca serta penggunaan kata yang tepat. Pada siklus 2, kegiatan inti sama halnya dengan siklus 1 dan (2) peningkatan hasil belajar siswa pada pra siklus menujukkan siswa yang tuntas sebesar 46%. Pada menulis deskripsi binatang pada siklus 1 menunjukkan 58% dan siklus 2 menunjukkan 83%, peningkatan persentase hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 8% dari siklus 1 dan siklus 2 sebesar 30% dari siklus 1. Hal ini ditunjukkan nilai menulis deskripsi binatang mencapai ketuntasan sebesar 83% siswa yang mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:18
Last Modified: 16 Nov 2016 08:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34446

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo