UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR "INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN ALAM" MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV MI JAUHAROTUT THOLIBIN BLITAR

IRAWAN, AHMAD FARIT (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR "INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN ALAM" MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV MI JAUHAROTUT THOLIBIN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadfarit-45622-1-pendahul-n.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadfarit-45622-2-babi.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

KKM mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV MI Jauharotut Tholibin adalah >66. Kenyataannya bahwa hasil belajar siswa terhadap kompetensi interaksi manusia dengan lingkungan alam masih cukup rendah yaitu, ketuntasan klasikal hanya 32,5%. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurang tepatnya metode yang diterapkan oleh guru. Oleh sebab itu penelitan ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan metode Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar interaksi manusia dengan lingkungan alam pada siswa kelas IV MI Jauharotut Tholibin Blitar. (2) hasil belajar interaksi manusia dengan lingkungan alam menggunakan metode Make a Match pada siswa kelas IV MI Jauharotut Tholibin Blitar. Untuk mencapai keberhasilan yang diharapkan, usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan memperhatikan siswa, menguasai materi pembelajaran dan memilih metode yang tepat. Salah satunya metode Make A Match (mencari pasangan) dimana metode ini melibatkan aktivitas seluruh siswa dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data penelitian adalah guru dan siswa kelas IV MI Jauharotut Tholibin Blitar berjumlah 32 yang terdiri 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu guru sudah menerapkan metode Make a Match dengan tepat, aktivitas belajar siswa juga menunjukan siswa sudah berperan aktif dalam pembelajaran dan hasil akhir belajar siswa menunjukan ketuntasan belajar klasikal 90,6% dengan nilai rata-rata sebesar 80,12. Hasil penelitian ini, metode pembelajaran Make a Match disarankan untuk perlu diterapkan dan dikembangkan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mempengaruhi peningkatan kualitas pembelajaran interaksi manusia dengan lingkungan alam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 29 Jan 2018 02:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34444

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo