UMM Institutional Repository

ANALISIS PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI KAUMAN 1 MALANG

JUWARIYAH, AINUN (2016) ANALISIS PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI KAUMAN 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ainunjuwar-45637-1-pendahul-n.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ainunjuwar-45637-2-babi.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Keyword : peran guru, pelaksanaan, budaya sekolah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tugas atau peran seorang guru tidak hanya memiliki tugas memberikan pengetahuan akademik saja, akan tetapi guru seharusnya dapat memberikan pengetahuan nilai-nilai hidup bermasyarakat seperti sopan santun dan nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat secara konkret agar siswa dapat memiliki tingkah laku yang baik. Nilai-nilai tersebut tersebut dapat di terpkan melalui budaya sekolah. Berdasarkan observasi awal, siswa-siswi saat ini banyak yang terpengaruhi oleh teknologi modern. Dengan adanya budaya sekolah dapat meminimalisir pengaruh dari perubahan zaman dan lingkungan mereka. Siswa membutuhkan pembiasaan yang dapat membentuk perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat sehingga mereka mempunyai bekal untuk jenjang berikutnya. Dengan dilaksanakannya berbagai pembiasaan yang positif melalui budaya sekolah, diharapkan siswa-siswi menjadi terbiasa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini betujuan: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan budaya sekolah yang ada di SDN Kauman 1 Malang, (2) Untuk mengetahui peran guru dalam pelaksanaan budaya sekolah di SDN Kauman 1 Malang, (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan budaya sekolah di SDN Kauman 1 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian analisis deskriptif. Sebagai sumber data yaitu aktivitas guru dalam pelaksanaan budaya sekolah di SDN Kauman 1 Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan budaya sekolah di SDN Kauman 1 Malang dilaksanakan melalui kegiatan rutin dan kegiatan spontan. Budaya sekolah dalam kegiatan rutin di SDN Kauman 1 Malang diantaranya yaitu membaca percakapan bahasa inggris, membaca percakapan bahasa jawa, berdoÂ’a bersama, jumÂ’at bersih, senam kebugaran jasmani. Sedangkan dalam kegiatan spontan yaitu membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan, dan gotong royong. (2) Peran guru dalam pelaksanaan budaya sekolah yaitu sebagai a) pendidik dalam kegiatan israÂ’ miraj, budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun), pembiasaan jumÂ’at bersih, b) sebagai fasilitator dalam pembiasaan percakapan bahasa inggris, percakapan bahasa jawa, pembiasaan asmaul khusna, berdoÂ’a bersama, jumÂ’at bersih, budaya 5S, berjabat tangan dengan guru, dan c) membantu mengembangkan aspek pribadi siswa melalui pembiasaan senam kebugaran jasmani, pembiasaan baris di depan kelas. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan budaya sekolah yaitu a) Kurangnya kerjasama antara guru satu dengan guru lainnya, b) Perilaku siswa yang kurang mematuhi budaya sekolah dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34443

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo