UMM Institutional Repository

Penerapan Model CIRC Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV di SDN 02 Mojo Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang

EFENDI, MOHAMMAD SOKHIF (2016) Penerapan Model CIRC Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV di SDN 02 Mojo Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohammadso-45811-1-pendahul-n.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohammadso-45811-2-babi.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Keyword : Bilangan pecahan, Keterampilan, CIRC ABSTRAK Nilai ulangan siswa materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan belum memenuhi KKM yaitu 6,5 terdapat 55% dan siswa yang memenuhi nilai KKM terdapat 45% dari 20 jumlah keseluruhan siswa kelas IV SDN 02 Mojo Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang. Dalam proses pembelajaran sebelumnya guru lebih suka menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Hal ini mengakibatkan siswa masih kurang memahami materi penjumlahan dan pengurangan dengan bilangan pecahan khususnya menyelesaikan soal cerita. Keterampilan menyelesaikan soal cerita dibutuhkan metode atau model pembelajaran yang dapat mengajak siswa aktif dan memiliki minat dalam belajar Salah satu model pembelajaran yang meningkatkan kemampuan keterampilan menyelesaikan soal cerita yaitu CIRC. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Langkah pembelajaran model CIRC untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita bilangan pecahan adalah, (1) Membentuk kelompok yang anggotanya 5 orang secara heterogen. Dalam kelas IV SDN Mojo 02 terbagi menjadi 4 kelompok, (2) Guru memberikan soal cerita yang berkaitan dengan bilangan pecahan yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, (3) Siswa bekerjasama saling membacakan dan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada masalah bilangan pecahan, (4) Siswa mempresentasikan hasil pemecahan masalah yang telah didiskusikan dengan kelompoknya, (5) Guru membuat kesimpulan tentang cara menyelesaikan masalah pada soal cerita bilangan pecahan matematika. Hasil pembelajaran menggunakan model CIRC adalah sebagai berikut: 1. Siswa memahami isi konteks permasalahan dengan cara menuliskan apa yang ditanya dan diketahui. 2. Siswa merumuskan masalah. 3. Siswa mampu menentukan cara menyelesaikan masalah. 4. Siswa mampu bekerja sama. 5. Siswa mampu mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas. Hal ini di tunjukkan dengan nilai rata-rata kelas 77,25 dan seluruh siswa kelas IV SD Mojo 02 mencapai KKM. Hasil penelitian ini, sebagai alternatif model pembelajaran khususnya materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34442

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo