UMM Institutional Repository

HUBUNGAN SELF CONTROL PENGGUNAAN UANG DENGAN INTENSI MENABUNG PADA WANITA KARIR

Rahmani, Ekadyanti Vidya (2015) HUBUNGAN SELF CONTROL PENGGUNAAN UANG DENGAN INTENSI MENABUNG PADA WANITA KARIR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekadyantiv-42996-1-ekadyant-).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keyword : Self control penggunaan uang, intensi menabung, wanita karir, rumah tangga ABSTRAKSI Menurunnya niat menabung menandakan tingkat konsumtif masyarakat Indonesia semakin meningkat. Akibatnya, mayoritas guru melakukan kredit pinjaman ke bank untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Padahal dalam rumah tangga, tabungan keluarga berfungsi sebagai cadangan untuk membiayai kebutuhan di masa mendatang. Besarnya kebutuhan rumah tangga menuntut pengelola keuangan keluarga mengambil keputusan mengenai penggunaan uang yaitu menabung atau mengutamakan konsumsi. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui hubungan self control penggunaan uang dengan intensi menabung pada wanita karir. Pengukuran dilakukan pada 185 wanita karir berumah tangga yang berprofesi sebagai guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Blimbing Malang dengan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunakan yaitu causal comparative research. Data penelitian diperoleh menggunakan skala self control penggunaan uang dan skala intensi menabung. Teknik analisis data menggunakan Product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara self control penggunaan uang dengan intensi menabung pada wanita karir (r=0.299; p=0.000<0.01). Individu dengan self control penggunaan uang tinggi, memiliki intensi menabung tinggi. Sebaliknya, individu dengan self control penggunaan uang rendah, memiliki intensi menabung rendah. Sumbangan efektif self control penggunaan uang dalam penelitian ini (r2=0.089) sebesar 8.9%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 07 Nov 2016 08:11
Last Modified: 07 Nov 2016 08:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34315

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo