UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI MUTU PELAYANAN PETUGAS KESEHATAN DAN HAMBATAN KUNJUNGAN LANSIA DI POSYANDU LANSIA DESA GUNUNG RONGGO KECAMATAN TAJINAN KABUPATEN MALANG

PRASETIYO, AHMAD ARDI (2016) IDENTIFIKASI MUTU PELAYANAN PETUGAS KESEHATAN DAN HAMBATAN KUNJUNGAN LANSIA DI POSYANDU LANSIA DESA GUNUNG RONGGO KECAMATAN TAJINAN KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadardip-45219-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadardip-45219-2-babi.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Lansia merupakan proses kehidupan yang tak dapat dihindarkan dan dialami setiap individu. Semakin meningkatnya lansia, pemerintah telah merumuskan kebijakan pelayanan kesehatan usia lanjut yaitu posyandu lansia. Pelayanan posyandu lansia harus memperhatikan faktor pemberi pelayanan seperti Mutu Pelayanan kesehatan tersebut. Juga lansia itu sendiri yaitu Hambatan yang mempengaruhi kehadiran diposyandu. Peneliti tertarik untuk meneliti identifikasi Mutu Pelayanan Petugas Kesehatan dan Hambatan Kunjungan lansia di posyandu lansia Desa Gunung Ronggo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Metode Penelitian: Desain penelitian yang digunakan peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif,. Pengambilan data panelitian ini dilakukan 2 kali pertemuan dalam seminggu. Dilakukan bulan Desember 2015 di Desa Gunung Ronggo wilayah kerja Puskesmas Tajinan Kabupaten Malang. Subjek penelitian berjumlah 80 lansia. Teknik sampling menggunakan total sampling. Hasil penelitian dianalisis menggunakan sistem komputerisasi dengan uji deskriptif dan di Crosstabulation. Hasil: Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan dari parameter Tangible(46,25%), Reliability(43,75%), Responsive(37,5%), Empaty(38,75%), Assurance(45%) menyatakan cukup baik dalam pelayanannya dan Gambaran Hambatan Lansia datang keposyandu dari parameter Pengetahuan(48,75%), Jarak(57,5%), Ekonomi(42,5%), Dukungan Keluarga(46,25%), Sikap(45%) menyatakan hambatan cukup tinggi. Kesimpulan: Adanya gambaran tentang Mutu Pelayanan Petugas Kesehatan yang cukup baik dan adanya gambaran Hambatan Kunjungan Lansia yang cukup tinggi diposyandu lansia Desa Gunung Ronggo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:13
Last Modified: 07 Nov 2016 04:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34306

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo