UMM Institutional Repository

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI SPBE, AGEN DAN PANGKALAN PADA DISTRIBUSI LPG 3 KG WILAYAH MALANG RAYA

MIFTAHURRAHMAN, (2016) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI SPBE, AGEN DAN PANGKALAN PADA DISTRIBUSI LPG 3 KG WILAYAH MALANG RAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miftahurra-44843-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miftahurra-44843-2-babi.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Beberapa tahun yang lalu, pemerintah Indonesia begitu gencarnya mensosialisasikan konversi / penggantian bahan bakar dari minyak tanah ke gas, yakni Liquified Petroleum Gas atau LPG (elpiji) yang dikelola oleh PT. Pertamina Indonesia (Persero). Sebab pemakaian gas diyakini lebih hemat, praktis dan efisien ketimbang minyak tanah. Seiring berjalannya waktu hampir semua masyarakat pada umumnya pun sudah beralih dan menggunakan bahan bakar gas untuk keperluan sehari-hari. Alhasil permintaan LPG pun meningkat sehingga ditiap daerah banyak dibangun suatu pusat agen yang dibantu oleh sub-sub agen dibawahnya untuk dapat mendistribusikan LPG. Sampai saat ini ternyata di lapangan masih terdapat beberapa kendala dan belum tepat sasaran, seperti kekurangan stok sehingga pemenuhan kebutuhan di agen-agen LPG tidak merata. Pemenuhan kebutuhan yang tidak merata ini juga disebabkan oleh jarak antar agen yang terkadang terlalu berjauhan atau terlalu berdekatan. Sehingga pelaku distributor juga susah dalam melakukan perannya secara maksimal. Oleh sebab itu, adanya suatu sistem sangat diperlukan untuk membantu pihak sales distribusi dan bagian penjualan LPG 3 kg pada pertamina rayon Malang raya dalam melakukan dalam pemantauan lokasi dan distribusi LPG ukuran 3 kg. Adapun sistem informasi pemetaan dengan berbasis Google Maps yang akan dibuat nantinya akan menampilkan data peta Malang raya dan informasi tentang pelaku distribusi LPG. Setiap penyalur akan ditampilkan dengan suatu simbol (marker) sehingga apabila di klik akan menampilkan informasi lebih lanjut dan detail dari agen penyalur tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Nov 2016 04:10
Last Modified: 04 Nov 2016 04:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34237

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo