UMM Institutional Repository

DETEKSI PLAGIARISME SOURCE CODE BERBASIS ABSTRACT SYNTAX TREE

UTAMA, SETIYA PUTRA (2016) DETEKSI PLAGIARISME SOURCE CODE BERBASIS ABSTRACT SYNTAX TREE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-setiyaputr-44846-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-setiyaputr-44846-2-babi.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Plagiarisme (Penjiplakan) dalam pembuatan program dan penulisan source code dengan Bahasa pemrograman java cukup sering terjadi dan dilakukan baik di kalangan akademis maupun non akademis. Plagiarisme di anggap tindakan kriminal yang diatur oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Untuk mengantisipasi prilaku plagiat pada source java, dibutuhkan suatu system atau program yang dapat menditeksi kemiripan dan tingkat plagiatnya. Ada banyak cara dan kedekatan yang bisa digunakan, salah satunya adalah menggunakan metode Abstract Syntax Tree. Dengan Abstract Syntax Tree dapat digunakan untuk mengubah code menjadi node ataupun token unik di masing-masing code hasil plagiat. Hasil dari Abstract Syntax Tree yang diperoleh, selanjutnya dihitung dengan menggunakan berbagai macam algoritma. Untuk menghitung tingkat kemiripan suatu source bisa menggunakan algoritma Cosine Similarity dan Leveinshtein Distance. Untuk menghitung Comment bisa menggunakan Cosine Similarity dan untuk menghitung unsur yang ada pada source bisa menggunakan Leveinshtein Distance, yang nantinya hasil dari kedua algoritma dijumlah menjadi satu dengan alpha dan beta sebagai pengalinya. Hasil yang akan di dapat berupa kesimpulan apakah source tersebut termasuk plagiat atau tidak dari Threshold yang di tentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Nov 2016 04:01
Last Modified: 04 Nov 2016 04:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34234

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo