UMM Institutional Repository

Efektifitas Penerapan Ketentuan Tarif Angkutan di Kota Malang (Studi Pada Pasal 2 jo. Pasal 3 Huruf a jo. Pasal 5 Peraturan Walikota Malang Nomer 24 Tahun 2013)

Probosari, Citra Arum (2016) Efektifitas Penerapan Ketentuan Tarif Angkutan di Kota Malang (Studi Pada Pasal 2 jo. Pasal 3 Huruf a jo. Pasal 5 Peraturan Walikota Malang Nomer 24 Tahun 2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-citraarump-45371-1-pendahul-n.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-citraarump-45371-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keyword : Efektifitas, Tarif Angkutan, Pengemudi, Penumpang Terciptanya ketertiban hukum sejalan dengan peran efektifitas suatu peraturan/produk hukum dalam keberlangsungannya di masyarakat. Suatu peraturan dikatakan efektif apabila telah tercipta keadaan yang teratur. Salah satu contoh nyata yaitu bagaimana efektifitas penerapan Peraturan Walikota Malang tentang tarif angkutan. Peraturan yang sah mengenai tarif angkutan telah dibuat dengan baik oleh Pemerintah Kota Malang, akan tetapi masih ada saja oknum pengemudi angkutan yang tidak patuh. Penelitian ini dibuat dengan rumusan masalah bagaimana efektifitas Peraturan Walikota Malang tentang Tarif Angkutan, bagaimana penindakan terhadap pelanggar tarif angkutan, dan bagaimana upaya Pemerintah untuk menangani pelanggaran tarif angkutan tersebut. Studi dalam penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Malang dengan menggunakan teknik pendekatan yuridis sosiolosis, yaitu teknik yang melihat hukum sebagai perilaku manusia dalam masyarakat. Dalam penelitian ini data diambil dengan melakukan wawancara langsung dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Perhubungan, pengemudi angkutan, dan penumpang angkutan. Sebagai data pendukung, ada pula questioner mengenai tanggapan tentang keefektifitasan Peraturan Walikota Malang tentang tarif angkutan yang ditujukan kepada penumpang angkutan. Berdasarkan hasil penelitian ini efektifitas Paraturan Walikota Malang tentang tarif angkutan belum sempurna. Terbukti dangan masih banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi angkutan dalam memberikan tarif kepada penumpang yang tidak sesuai dengan ketentuan pemerintah. Sejauh ini penindakan terhadap pelanggaran tersebut masih berupa teguran, namun tidak menutup kemungkinan akan dilakukan tilang apabila telah terbukti melakukan pelanggaran tarif secara berulang-ulang. Pemerintah telah melakukan banyak negoisasi dengan pengemudi angkutan sampai mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru tentang tarif angkutan yang pro terhadap rakyat khususnya pengemudi dan penumpang, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan dan peraturan tentang tarif angkutan dapat berjalan dengan baik. Ketertiban dan kedisiplinan dalam penerapan tarif angkutan akan tercapai bila ada kesadaran masyarakat khususnya pengemudi angkutan. Apabila masyarakat mau bersikap taat hukum maka sistem tarif angkutan akan berjalan dengan lancar dan terwujud ketertiban di dalamnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 03 Nov 2016 07:39
Last Modified: 03 Nov 2016 07:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34224

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo