UMM Institutional Repository

SISTEM PAKAR PENANGANAN PENYAKIT UMUM YANG DIDERITA OLEH SAPI DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB (Studi Kasus : Peternakan Sapi Di Desa Dlanggu Mojokerto)

Dwijayanto, Rendra (2016) SISTEM PAKAR PENANGANAN PENYAKIT UMUM YANG DIDERITA OLEH SAPI DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB (Studi Kasus : Peternakan Sapi Di Desa Dlanggu Mojokerto). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rendradwij-45501-1-pendahul-n.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rendradwij-45501-2-babi.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Sapi merupakan hewan ternak yang memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi, baik sebagai ternak potong, ternak bibit maupun bahan pangan. Sapi juga dapat di ambil manfaatnya sebagai bahan pangan seperti susu dan dagingnya. Faktor yang menyebabkan kematian pada sapi adalah kemunculan penyakit yang terlambat ditangani sehingga bisa berakibat kematian. Oleh karena itu sistem pakar sangat dibutuhkan untuk mempercepat dalam menganalisa suatu jenis penyakit yang terdapat pada hewan ternak sapi sehingga dapat dengan mudah di ketahui jenis penyakit yang sedang menjangkit sapi tersebut tanpa harus berhadapan dengan dokter/mantri hewan secara langsung, dan juga dapat membantu meringankan pekerjaan dokter/mantri hewan. Dan penerapan metode certainty factor merupakan metode dalam pemakaian aplikasi ini sebagai pengukur kepastian dari penyakit yang sedang diderita. Dari hal ini dibuat sebuah pembangunan aplikasi sistem pakar penanganan penyakit umum yang diderita oleh sapi berbasis web yaitu untuk mempermudah menganalisa gejala penyakit yang diderita oleh hewan ternak sapi. Pengujian yang dilakukan dengan cara membandingkan hasil dari sistem dan pakar yang menggunakan 23 sampel untuk menguji sistem ini. Berdasarkan data yang sudah di uji, tingkat akurasi pada sistem pakar diagnosa penyakit ternak sapi menggunakan metode certainty factor mencapai 82.6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 03 Nov 2016 02:24
Last Modified: 03 Nov 2016 02:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34201

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo