UMM Institutional Repository

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESA PERIODE 2014

Maulianawati, Nur (2016) ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESA PERIODE 2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurmaulian-45691-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurmaulian-45691-2-babi.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Keyword : RGEC (Risk Profile, GCG, Earning, Capital), Bank Umum Syariah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2014. Kinerja keuangan yang diteliti mencakup 4 (empat) aspek penilaian faktor yaitu penilaian faktor Risk Profile yang terdiri dari 5 risiko keuangan (risiko kredit, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko imbal hasil, dan risiko investasi), penilaian faktor Good Corporate Governance (GCG), penilaian faktor Earning, dan penilaian faktor Capital. 4 faktor penilaian yang digunakan dalam penelitian ini disebut sebagai penilaian RGEC. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa risk profile (profil risiko) yang dimiliki oleh Bank Muamalat berada pada kondisi yang “Cukup Baik”, sedangkan Bank BNI Syariah memiliki profil risiko dengan kondisi “Baik”. Berdasarkan penelitian juga dapat diketahui bahwa GCG yang dimiliki oleh BMI dan BNIS sudah berada pada kondisi “Baik”, artinya kedua bank tersebut sudah menerapkan tata kelola bagi perbankan syariah dengan baik dan sesuai dengan peraturan perundang- undanagn yang berlaku. Hasil penelitian ini juga menggambarkan kondisi rentabilitas (earning) yang dimiliki BMI dan BNIS berada pada kondisi “Kurang Baik”, selain kondisi rentabilitas kedua bank tersebut juga memiliki kondisi permodalan pada tingkat yang “Baik”. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa perbankan syariah di Indonesia tahun 2014 memiliki kinerja keuangan dengan kondisi “Cukup Baik”. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh faktor- faktor penilaian RGEC yang digunakan untuk mengukur tingkat kesehatan Bank Syariah di Indonesia, dengan kondisi tersebut perbankan syariah harus lebih mengantisipasi ekspousur risiko yang dapat mempengaruhi kinerja keuangannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (61201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 Nov 2016 08:37
Last Modified: 02 Nov 2016 08:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34188

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo