UMM Institutional Repository

Rancang Bangun Aplikasi Electronic Event (e-Event) Perguruan Tinggi Berbasis Android Menggunakan Google Cloud Messaging (Studi Kasus : STIE ASIA Malang)

Baha', Viryal Afaf Vairus (2016) Rancang Bangun Aplikasi Electronic Event (e-Event) Perguruan Tinggi Berbasis Android Menggunakan Google Cloud Messaging (Studi Kasus : STIE ASIA Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-viryalafaf-43891-1-01.pend-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-viryalafaf-43891-2-03.babi.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Di dalam lingkungan kampus, selain proses kegiatan belajar mengajar dan kegiatan pendukungnya, banyak juga kegiatan-kegiatan lain seperti kegiatan organisasi mahasiswa, pengabdian masyarakat, seminar ataupun event tertentu di setiap tahun akademik. Maka antara mahasiswa dan kampus harus terjalin komunikasi yang baik, singkron, dan cepat serta harus dapat tersampaikan kepada seluruh mahasiswa. Namun seperti diketahui jumlah mahasiswa yang banyak tidak memungkinkan pihak kampus bisa menyampaikan informasi satu per satu secara personal kepada setiap mahasiswa, hal tersebut juga menjadi permasalahan di STIE ASIA Malang. Kondisi tersebut dapat dipenuhi dengan adanya sebuah solusi yaitu dengan membangun sebuah aplikasi untuk menyampaikan informasi berbasis mobile. Dengan memanfaatkan layanan Google Cloud Messaging (GCM) yang berfungsi untuk mengirimkan pesan baru berupa notifikasi dan akan menampilkannya pada panel bar notifikasi di perangkat android tepat setelah pesan dikirimkan sehingga akan lebih memudahkan mahasiswa khususnya di STIE ASIA Malang dalam mendapatkan informasi pengumuman secara cepat, tepat dan realtime. Implementasi dan pengujian aplikasi electronic event yang dibuat diterapkan pada platform Android dengan pengujian fungsional dan usability dengan menyebarkan kuesioner menghasilkan aplikasi yang sesuai konsep yang diharapkan dan juga mendapatkan respon yang baik dari pengguna dengan rata-rata persentase mencapai 88,6% pada semua aspek pengujian usability.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 Nov 2016 03:07
Last Modified: 26 Jan 2018 08:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34173

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo