UMM Institutional Repository

Cerita Rakyat yang Melatarbelakangi Keberadaan Candi Jabung Kabupaten Probolonggo (Sebuah Tinjauan Folklor Lisan)

Putra, Gheo (2016) Cerita Rakyat yang Melatarbelakangi Keberadaan Candi Jabung Kabupaten Probolonggo (Sebuah Tinjauan Folklor Lisan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gheoputra-45421-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gheoputra-45421-2-babi.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Keyword : Isi Cerita dan Apresiasi Masyarakat ABSTRAK Latar Belakang yang mendasari dilakukannya penelitian ini ialah bahwa Cerita Rakyat Candi Jabung kurang populer di masyarakat Kabupaten Probolinggo. Dengan kurang populernya Cerita Rakyat Candi Jabung tersebut, peneliti merasa tertarik untuk menemukan aspek-aspek cerita dan nilai-nila yang menjadikan cerita rakyat tersebut kurang populer. Rumusan masalah penelitian ini, adalah (1) bagaimanakah isi cerita rakyat yang melatarbelakangi keberadaan Candi Jabung, serta tradisi apa yang ada disekitar Candi Jabung Desa Jabung Candi, Kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo?, (2) Bagaimanakah apresiasi masyarkat terhadap cerita rakyat yang melatarbelakangi keberadaan Candi jabung? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan isi cerita rakyat yang melatarbelakangi keberadaan Candi Jabung serta tradisi yang ada (2) Menjelaskan apresiasi masyarakat sekitar terhadap Cerita Rakyat yang Melatarbelakangi Keberadaan Candi Jabung, dalam hal a) apresiasi, b) penghayatan, c) penilaian. Metode yang digunakan meliputi, bentuk penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dibagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah sumber data penelitian yang dalam hal ini adalah informan yaitu penjaga Candi (juru kunci), tokoh-tokoh masyarakat, maupun masyarakat yang mengetahui Cerita Rakyat Candi Jabung. Sumber data sekunder adalah sumber data penunjang penelitian yang dalam hal ini adalah buku-buku, majalah, rekaman, foto-foto, serta referensi yang relevan dengan penelitian ini. Data penelitian dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer penelitian ini hasil wawancara dengan informan yaitu penjaga Candi Jabung (juru kunci), tokoh-tokoh masyarakat, maupun masyarakat yang mengetahui Cerita Rakyat Candi Jabung. Data sekunder berupa buku-buku, majalah, rekaman, foto-foto, serta referensi relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi langsung, wawancara. Hasil penelitian ini adalah, 1) isi cerita rakyat yang melatarbelakangi keberadaan Candi Jabung, serta tradisi apa yang ada disekitar Candi Jabung Desa Jabung Candi, Kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo, 2) apresiasi masyarakat sekitar terhadap Cerita Rakyat yang Melatarbelakangi Keberadaan Candi Jabung, dalam hal a) apresiasi, b) penghayatan, c) penilaian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 27 Oct 2016 08:43
Last Modified: 27 Oct 2016 08:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34135

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo