UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA KUBUS SUSUN PUZLE SERI (BUSUPARI) PADA KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR

CHOIRUNNISA, INDAH (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KUBUS SUSUN PUZLE SERI (BUSUPARI) PADA KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-indahchoir-45616-1-pendahul-n.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-indahchoir-45616-2-babi.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Keyword : pengembangan, media BUSUPARI, menulis, Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap siswa cukup membosankan karena proses belajara yang dilakukan setiap harinya sangatlah monoton. Tidak adanya media pembelajaran yang menarik adalah salah satu faktor kenapa siswa kurang minat belajar Bahasa Indonesia di kelas 3 SDN Genukwatu 4 Ngoro Jombang dan SDN Pulorejo 2 Ngoro Jombang, sehingga perlu adanya peningkatan dalam pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media BUSUPARI yang memiliki tingket kevalidan sebagai kriteria media yang efektif untuk membantu siswa belajar Bahasa Indonesia terutama pada keterampilan Karangan Deskripsi. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan sampai langkah ke 6 yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba pemakaian. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas 3 SDN Genukwatu 4 Ngoro Jombang yang berjumlah 8 siswa dan SDN Pulorejo 2 Ngoro Jombang yang berjumlah 22 siswa. Data pada penelitiuan ini diambil dari hasil observasi, hasil angket, validasi ahli, hasil angket respon pengguna media, ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media BUSUPARI dapat membantu siswa dalam belajar Bahasa Indonesia pada keterampilan menulis. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi beberapa ahli antara lain, ahli media sebesar 93,3 %, validasi ahli materi sebesar 85,4%, dan validasi ahli pembelajaran 87,2%. Sementara hasil ujicoba kelompok kecil menunjukkan 95,9 %, ini menunjukkan media BUSUPARI mendapatkan respon positif dari siswa dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Sementara hasil uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa 96,2% , ini menunjukkan bahwa media BUSUPARI sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 27 Oct 2016 07:20
Last Modified: 27 Oct 2016 07:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34123

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo