UMM Institutional Repository

GAME TEBAK NADA NOT BALOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KESENIAN SISWA SEKOLAH DASAR

PRIMA, ABY WIJAYA CAHYA (2016) GAME TEBAK NADA NOT BALOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KESENIAN SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abywijayac-42891-1-1.pendah-n.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abywijayac-42891-2-3.babi.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Proses belajar menggunakan media teknologi informasi berupa permainan interaktif dapat meningkatkan minat seseorang dalam mempelajari sebuah hal. Hal seperti ini sudah harus dikenalkan pada saat masih anak-anak, dikarenakan selain mendapat pelajaran dari pendidikan formal, Dimana, anak-anak tidak hanya dapat bermain tetapi mendapatkan pengetahuan dari permainan terebut. Strategi belajar yang tidak membuat anak bosan dengan pelajaran yang didapatkan dari sekolah dan buku pelajaran namun, kini anak-anak dapat mengembangkan pola pikir lebih kreatif dan melihat benda atau gambar dalam bentuk digital. Oleh karena itu, penulis membuat aplikasi edukasi “Game Tebak Nada Not Balok Sebagai Media Pembelajaran Kesenian Siswa Sekolah Dasar” dengan harapan anak-anak dapat langsung menggunakan aplikasi permainan tersebut dan memperoleh pengetahuan lebih banyak serta merubah pola belajar agar tidak jenuh dan bosan. Aplikasi edukasi “Game Tebak Nada Not Balok Sebagai Media Pembelajaran Kesenian Siswa Sekolah Dasar” merupakan aplikasi pembelajaran untuk anak sekolah dasar kelas 1 sampai 3. Aplikasi ini berisi materi-materi pelajaran mengenal nada dasar not balok, berupa gambar dan suara. Tidak hanya itu, aplikasi ini disajikan seperti layaknya sebuah game yang dibuat agar anak-anak cenderung tidak bosan dalam belajar. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman JAVA. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah metode SDLC (System Development Life Cycle), serta metode angket untuk penilaian hasil program yang telah dirancang. Dimana hasil dari perancangan aplikasi ini yaitu sistem aplikasi edukasi bagi anak-anak yang diharapkan dapat membantu anak dalam belajar dan dapat meningkatkan pola pikir kreatif serta menambah pengetahuan lebih dari aplikasi tersebut

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Oct 2016 04:50
Last Modified: 27 Oct 2016 04:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34116

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo