UMM Institutional Repository

SIMULASI APLIKASI TIMBANGAN DUMP TRUCK MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER

AJITYAROSA, M. ALFAN (2016) SIMULASI APLIKASI TIMBANGAN DUMP TRUCK MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-malfanajit-42897-6-pendahul-n.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-malfanajit-42897-1-babipe-n.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Salah satu alat transportasi darat yang berfungsi mendistribusikan barang ataupun jasa yaitu Truck. Truck dilengkapi dengan dump (bak) untuk menampung muatan yang besar. Dump biasanya berbahan dasar kayu atau besi yang kuat untuk menampung banyaknya muatan. Dengan menggunakan smart card berbasis RFID (Radio Frequency Identification) pada sistem penimbangan dump truck diharapkan dapat menjadi alternatif untuk aplikasi kontrol on-off peralatan berat dilokasi penimbangan dump truk, dan secara automatis diharapkan dapat mempermudah dalam pengolahan data yang di butuhkan oleh pimpinan. Sensor RFID digunakan untuk mendeteksi kode dump truck yang akan masuk ke ruang timbang. Selain menggunakan RFID untuk mendeteksi kode dump truck, digunakan juga sebuah sensor berat yaitu Load Cell. Load Cell digunakan untuk mengukur berat suatu benda, disini digunakan untuk mengukur berat dump truk dan berat muatan. Keakuratan dan kecepatan data yang masuk secara real time pada sebuah perusahaan, sangat dibutuhkan karena untuk kemajuan suatu perusahaan. Oleh karena itu aplikasi dump truck dikoneksikan secara langsung menggunakan Web server, agar data bisa dump truck masuk kepimpinan secara akurat dan real time. Pengujian yang dilakukan dengan cara membandingkan hasil dari dua card RFID yang memiliki ID yang berbeda dan memiliki berat dump truck yang berbeda, dengan menggunakan 100 sampel untuk menguji sistem ini. Berdasarkan data yang sudah di uji, nilai rata-rata tingkat kesalahan (eror) pada ID RFID 3CF377 adalah 3,18%. Sedangkan rata-rata tingkat kesalahan (eror) pada ID RFID 3CEC65 adalah 3,96 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kesalahan (eror) yang di dapat pada waktu ujicoba dapat mendeteksi berat dump truck yang ada muatanya,berat muatannya saja dan berat dump truk tanpa muatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Oct 2016 04:27
Last Modified: 27 Oct 2016 04:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34110

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo