UMM Institutional Repository

MEMONITOR KELEMBAPAN TANAH DAN SUHU PADA BUDIDAYA CACING TANAH MENGGUNAKAN ARDUINO UNO

HUDA, SAMSUL (2016) MEMONITOR KELEMBAPAN TANAH DAN SUHU PADA BUDIDAYA CACING TANAH MENGGUNAKAN ARDUINO UNO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-samsulhuda-42903-1-cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-samsulhuda-42903-2-babi.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Cacing tanah merupakan salah satu hewan yang berperan penting bagi lingkungan dan kesejahteraan manusia. Sebagian dari kita mungkin tidak terpikirkan untuk membudidayakan cacing tanah. Memang cacing tanah merupakan hewan yang menjijikkan akan tetapi cacing tanah sangatlah banyak manfaatnya salah satunya sebagai pakan ternak, sebagai obat, sebagai kosmetik dan bekas media cacing (kascing) sangat bermanfaat yaitu sebagai pupuk organik. Pada penelitian ini, mengambil contoh budidaya cacing tanah, beberapa permasalahan yang timbul pada budidaya cacing ialah faktor cuaca dan faktor kelembapan tanah pada media cacing. Pada saat kemarau panjang, dengan suhu yang lumayan panas biasanya cacing tidak bisa berkembang dengan baik. Hal ini wajar karena pengaruh panas sangat berefek pada produksi cacing. Permasalahan pada kelembapan media cacing juga sangat berpengaruh. Jika media terlalu kering ataupun terlalu basah maka cacing tanah akan berusaha keluar dari media untuk mencari tempat yang lebih lembap bagi cacing tanah. Tujuan dari penelitian ini akan membangun sistem yang dapat digunakan untuk monitoring kelembapan tanah dan suhu pada media cacing tanah secara real time dan juga secara akurat, sehingga kelembapan tanah dan suhu dapat terkontrol secara real time. Dengan adanya sistem ini, Kelembapan tanah dan suhu Pada budidaya cacing tanah bisa terkontrol dan bisa memudahkan pembudidaya dalam membudidayakan cacing tanah. Untuk menerapkan sistem diatas dibutuhkan Board Arduino yang berfungsi sebagai sistem control pengambilan data, sebelum data tersebut diolah pada server side. Terdapat sistem sensor yang berfungsi untuk pengambilan data kelembapan tanah dan suhu, yaitu sensor kelembapan tanah dan sensor DHT11, modul relay yang berfungi sebagai saklar elektrik untuk menghidupkan dan mematikan solenoid, dan juga solenoid sebagai kran otomatis ketika media terlalu kering ataupun terlalu basah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Oct 2016 03:44
Last Modified: 27 Oct 2016 03:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34104

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo