UMM Institutional Repository

ANALISIS PERILAKU MENYIMPANG TERHADAP PRESTASI SIWA PADA KELAS IV DI SDN PETUNGSEWU 02 KEC WAGIR KAB MALANG

FAUZI, MUHHAMMAD RISKI IMAM (2016) ANALISIS PERILAKU MENYIMPANG TERHADAP PRESTASI SIWA PADA KELAS IV DI SDN PETUNGSEWU 02 KEC WAGIR KAB MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhhammadr-45608-1-pendahul-n.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhhammadr-45608-2-babi.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Keyword : Analisis Perilaku Menyimpang Terhadap Prestasi Siswa Dalam Perilaku menyimpang ini yang terjadi pada anak sekolah dasar memiliki dampak terhadap kehidupan untuk masa yang akan datang. Perilaku menyimpang dari anak menunjukkan tingkah laku menyimpang adalah bentuk tindakan dari seorang anak yang melanggar dari norma norma sosial, dan nilai- nilai kehidupan (Willis, 2008:5). Perilaku menyimpang pada siswa terjadi karena adanya siswa yang melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan prosedur, dimana perilaku siswa sering melakukan tindakan-tindakan seperti merokok, mencontek, mengganggu teman dan meminta uang dengan teman sekelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) mengetahui perilaku menyimpang siswa pada Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Petung Sewu 02 Wagir Kabupaten Malang. 2) mengetahui prestasi siswa pada Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Petung Sewu 02 Wagir Kabupaten Malang dan 3) mengetahui dampak perilaku menyimpang terhadap prestasi siswa pada kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Petung Sewu 02 Wagir Kabupaten Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dalam prosedur penelitian ini digunakan sebagai teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Dalam analisis data kualitatif terdapat tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan. Aktivitas dalam analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan/ verifikasi Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut: 1) Bentuk-bentuk perilaku menyimpang siswa pada Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Petung Sewu 02 Wagir Kabupaten Malang yaitu antara lain membolos, merokok, membuat suasana gaduh ketika proses belajar dilakukan, meminta uang kepada sesama siswa, mencontek dan sering terlambatnya masuk kelas. 2) Prestasi siswa pada Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Petung Sewu 02 Wagir Kabupaten Malang secara umum masuk dalam kategori baik, namun demikian bagi siswa yang memiliki perilaku menyimpang yaitu sebanyak 6 siswa memiliki prestasi dibawah standar atau < 75.Penetapan standar didasarkan atas ketentuan dari sekolah, dimana nilai minimal yang harus dipenuhi oleh siswa yaitu sebesar 75. 3) Dampak perilaku menyimpang terhadap prestasi siswa pada kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Petung Sewu 02 Wagir Kabupaten Malang yaitu dengan adanya perilaku meyimpang siswa maka akan mempengaruhi atas pencapaian prestasi belajarnya. Dengan kata lain dengan adanya perilaku menyimpang maka prestasi akan mengelami penurunIan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 26 Oct 2016 07:49
Last Modified: 26 Oct 2016 07:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34077

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo