UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAM (MBS) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN KAUMAN 1 MALANG

MAWARNI, MARISA (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAM (MBS) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN KAUMAN 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marisamawa-45609-1-pendahul-n.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marisamawa-45609-2-babi.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Keyword : manajemen berbasis sekolah, peningkatan mutu pendidikan MBS merupakan paradigma baru pendidikan yang memberikan otonomi luas pada tingkat sekolah (perlibatan masyarakat) dalam kerangka kebijakan pendidikan nasional. Salah satu sekolah yang menerapkan MBS di Kota Malang adalah SDN Kauman 1 Malang. SDN Kauman 1 Malang termasuk sekolah yang menuju sekolah potensial, memiliki program-program pengembangan dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan perkembangan zaman. SDN Kauman 1 Malang setiap tahunnya memperoleh hasil prestasi belajar akademik maupun non-akademik, hal ini dimungkinkan salah satu peran dari MBS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara, yang menjadi informasi peneliti adalah kepala sekolah, guru koordinator bidang kurikulum, koordinator bidang kesiswaan, koordinator keuangan dan pembiayaan, koordinator sarana dan prasarana sekolah, koordinator pengelolaan hubungan sekolah dengan masyarakat, dan koordinator manejemen pelayanan khusus lembaga pendidikan. Adapun analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik simpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian di SDN Kauman 1 Malang, dapat disimpulkan telah melaksanakan manajemen berbasis sekolah dengan indikator sebagai berikut: 1) Kurikulum dan program pengajaran di SDN Kauman 1 Malang melaksanakan kurikulum 2013, 2) pemberian tugas tenaga pendidik sesuai dengan profesional guru, 3) data kesiswaan tercatat mulai dari proses penerimaan sampai saat peserta didik lulus sekolah, 4) keuangan dan pembiayaan sesuai juknis BOS, 5) sarana dan prasarana terdapat ruang administrasi, ruang pendidikan, ruang penunjang, 6) hubungan sekolah dengan masyarakat terjalin silaturrahmi antara pihak sekolah dengan wali murid, komite sekolah, dan kerjasama dengan pihak-pihak lain, 7) pelayanan khusus terdapat perpustakaan, UKS, kantin, labolatorium, koperasi, alat transportasi, dan keamanan. Kendala yang dihadapi yaitu 1) proses penilaian kurikulum, 2) terdapat 9 tenaga pendidik tidak sesuai dengan kompetensi lulusannya, 3) penulisan rekap nilai 4) terlambat pencairan dana BOS dan pembatasaan pembiayaan, 5) sarana dan prasarana yang tidak teradministrasi secara berkala, 6) koordinasi antar stakeholder belum maksimal, 7) kurangnya jumlah alat transportasi. Solusi yang dilaksanakan, 1) guru mengikuti workshop, 2) mengikuti KKG mini dan KKG gugus, 3) workshop, 4) menggunakan dana sharing, 5) pendataan ulang sarana dan menggunkan database digital, 6) merancang kegiatan bersama dalam rentang waktu 1 tahun, 7) menyusun jadwal kelas menggunakan alat transportasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 26 Oct 2016 07:43
Last Modified: 26 Oct 2016 07:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34076

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo