UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDN 02 NGARES TREGGALEK

YULIANI, LENY (2016) ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDN 02 NGARES TREGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lenyyulian-45610-1-pendahul-n.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lenyyulian-45610-2-babi.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Keyword : media gambar, pembelajaran IPA Pemanfaatan media pembelajaran di SD merupakan hal yang penting karena dapat mempermudah interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih aktif dan efisien. Ada beberapa jenis media yang biasa digunakan yaitu media visual, media audio dan media kinestatik. Pemanfaatan media visual ini visual mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pebelajaran, karena media ini berkaitan dengan indra penglihatan dan dapat memperlancar pemahaman, memperkuat ingatan, menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia, yaitu 1) Mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan media gambar pada pembelajaran IPA di SDN 02 Ngares Trenggalek, dan 2) Mendeskripsikan kendala-kendala dalam pemanfaatan media tersebut khususnya dalam pembelajaran di SDN 02 Ngares Trenggalek. Penelitian ini mengungkap tentang bagaimana pemanfaatan media gambar dan kendalanya, oleh karena itu pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 02 Ngares Trenggalek pada kelas IVdan V pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan jenis deskriptif dan metode kualitatif dalam menganalisis data dan tahap kegiatan dalam menganalisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar yang ada dikelas IV adalah gambar struktur kerangka manusia, gambar hewan herbivora, gambar hewan karnivora, gambar hewan omnivora, gambar arah mata angin, gambar macam-macam jenis serangga dan gambar angin laut. Dalam pemanfaatan media gambar angin laut guru hanya memasang media gambar didepan kelas dan guru menjelaskan tanpa siswa mendemostrasikan kembali didepan kelas serta guru lebih sering menggunakan buku SAINS SD Relavan Kelas IV dan media gambar yang disediakan oleh pihak sekolah. Sedangkan media gambar yang ada dikelas V adalah gambar proses daur air, gambar pencernaan manusia, gambar jantung manusia, gambar struktur bumi dan pesawat sederhana. Dalam pemanfaatan media gambar pesawat sederhana guru tidak hanya memanfaatkan media gambar yang disediakan oleh pihak sekolah tetapi guru juga berusaha mencari dari internet serta didukung dengan memanfaatkan media/benda nyata yang ada di sekitar. Kendala dalam pemanfaatan media gambar pada kelas IV yaitu bentuk dan ukuran media gambar yang kecil dimana siswa yang duduk dibelakang tidak dapat melihat media gambar dengan jelas. Sedangkan kendala pada kelas V yaitu keterbatasan media gambar yang disediakan sekolah serta media gambar yang mudah rusak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 26 Oct 2016 07:39
Last Modified: 26 Oct 2016 07:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34075

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo