UMM Institutional Repository

APLIKASI DETEKSI PENYEBAB PENYAKIT GIZI BURUK PADA ANAK MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS ANDROID

JUNIARDIE, MUHAMAD RIDHO (2016) APLIKASI DETEKSI PENYEBAB PENYAKIT GIZI BURUK PADA ANAK MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS ANDROID. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhamadrid-43336-1-pendahul-).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhamadrid-43336-2-babi.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Masalah gizi pada hakekatnya adalah masalah kesehatan masyarakat, namun penanggulangannya tidak dapat dilakukan dengan pendekatan medis dan pelayanan kesehatan saja. Setiap tahunnya, Angka kematian karena penyakit gizi buruk selalu meningkat. Kematian tersebut disebabkan karena tingginya tingkat pengetahuan orang awam mengenai gejala penyakit tersebut serta cara menangani penyakit gizi buruk. Hal tersebut mendorong pengembangan aplikasi sistem diagnosa penyakit gizi buruk ini dibuat. Sistem pakar diagnosa penyakit gizi buruk ini dibuat bertujuan agar memudahkan orang awam untuk melakukan diagnosa penyakit gizi buruk lebih awal untuk mengurangi tingkat resiko kematian. Sistem pakar diagnosa gizi buruk ini dibuat menggunakan parameter kondisi pasien dan kondisi keluarga. Sistem pakar ini menggunakan metode Sistem pakar ini menggunakan metode pengembangan identifikasi masalah, desain sistem, implementasi, dan pengujian. Basis pengetahuan dikompilasi ke database dengan beberapa tabel. Interferensi dan keputusan diambil menggunakan algoritma C4.5. Sistem ini dibangun berbasis android dengan bahasa pemrograman yang digunakan yaitu Eclipse. Penelitian ini akan menghasilkan sistem diagnosa penyakit gizi buruk dengan menerapkan algoritma C4.5 untuk memberikan keputusan penyakit yang diderita pasien gizi buruk. Tingkat akurasi sistem ini yaitu sebesar 100%, nilai tersebut didapatkan berdasarkan dari pengujian melalui 30 data uji dan keyakinan pakar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:37
Last Modified: 26 Oct 2016 03:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34063

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo