PUTRI, WINDA KHARISMA (2016) PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH SISWA KELAS V SDN ORO-ORO OMBO 02 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-windakhari-45583-1-pendahul-n.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-windakhari-45583-2-babi.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Keyword : Hasil Belajar, Mind Mapping, IPS SD Penelitian ini diawali dari hasil wawancara dan observasi, terdapat beberapa masalah yang dialami siswa kelas V SDN Oro-Oro Ombo 02 Batu dalam mata pelajaran IPS. Masalah yang dimaksud yaitu kurangnya respon positif dari siswa terhadap mata pelajaran IPS khususnya materi sejarah. Siswa merasa bahwa mata pelajaran IPS adalah mata pelajaran yang monoton dan membosankan. Pada saat pelajaran berlangsung siswa bermain sendiri dan tidak mendengarkan penjelasan dari guru. Serta guru juga menggunakan metode ceramah, diskusi dan hafalan. Hal ini berakibat hasil belajar siswa yang tidak memenuhi KKM. Mind Mapping. Mind Mapping adalah strategi pembelajaran yang mengajak siswa untuk berfikir dari hal yang bersifat umum ke hal yang bersifat khusus. Mind Mapping juga merupakan cara mencatat yang menyenangkan, kreatif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Mind Mapping terhadap mata pelajaran IPS materi peninggalan sejarah dan juga untuk mendekripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Oro-Oro Ombo 02 Batu. Berdasarkan analisis pembahasan penelitian, dapat diketahui (1) Deskripsi penerapan dan langkah-langkah strartegi Mind Mapping (2) Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah. Hal ini dapat dibuktikan dari meningkatnya hasil belajar siswa yaitu pada siklus I siswa yang memenuhi KKM sebesar 60%, dan pada siklus II siswa yang memenuhi KKM meningkat menjadi 92%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa penerapan strategi Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS Materi Peninggalan Sejarah siswa kelas V SDN Oro-Oro Ombo 02 Batu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | Mr Ahmad Adi Husada |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 06:19 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 06:19 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |