UMM Institutional Repository

PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 2 SISWA TUNAGRAHITA DI KELAS INKLUSI SDN BEDALI 05 LAWANG

SARI, WHIDA BRILYAN (2016) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 2 SISWA TUNAGRAHITA DI KELAS INKLUSI SDN BEDALI 05 LAWANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-whidabrily-45585-1-cover.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-whidabrily-45585-2-babi.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Keyword : peran guru, bahasa indonesia, siswa tunagrahita SDN Bedali 05 Lawang merupakan salah satu sekolah inklusi yang ditunjuk oleh pemerintah sejak tahun 2003. Di kelas 2 terdapat terdapat 16 siswa yang salah satunya adalah siswa berkebutuhan khusus jenis tunagrahita. Pada kelas 2 tidak terdapat guru pendamping khusus untuk mendampingi siswa tunagrahita dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peran guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa tunagrahita di kelas 2 inklusi SDN Bedali 05 Lawang. (2) Mendeskripsikan kendala yang dialami oleh guru pada saat proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa tunagrahita di kelas 2 inklusi SDN Bedali 05 Lawang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data pada suatu latar alamiah. Sumber data primer dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diambil dari hasil wawancara dari guru kelas 2 dan kepala sekolah. Peran guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa tunagrahita meliputi (a) perencanaan, yaitu guru menggunakan kurikulum reguler. Silabus yang digunakan untuk kelas reguler, dan tidak ada silabus khusus untuk siswa tunagrahita. RPP antara siswa reguler dan siswa tunagrahita dibedakan indikator dan tujuan pembelajaran. Media yang dipergunakan adalah media gambar binatang yang terdapat pada LKS siswa. Metode penyampaian materi bahasa Indonesia pada siswa tunagrahita menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Kegiatan pembelajaran dalam perencanaan dibedakan antara siswa tunagrahita dengan siswa reguler. Sumber belajar yang digunakan oleh guru adalah LKS untuk kelas reguler. (b) Pelaksanaan, yaitu guru memberikan materi dengan menjelaskan berbagai ciri binatang yang kemudian mengajarkan siswa untuk menulis deskripsi tentang binatang. Guru mendidik siswa tunagrahita bersikap baik pada teman dan mendidik siswa berbicara dengan bahasa yang sopan pada guru. Evaluasi pada akhir pembelajaran pada siswa tunagrahita dengan penugasan menulis deskriptif tentang binatang. (c) penilaian yang dilakukan oleh guru yaitu guru mengukur hasil belajar siswa tunagrahita dengan evaluasi menulis deskripsi yang telah diberikan. Kendala yang dialami oleh guru yaitu guru tidak mempunyai kurikulum khusus untuk siswa tunagrahita. Pembuatan asesmen dan PPI yang tidak dilakukan secara rutin oleh guru. Media yang digunakan oleh guru masih berupa media gambar dari LKS yang kurang cocok dipergunakan untuk menunjang pembelajaran pada siswa tunagrahita. Dalam proses pembelajaran dikelas guru mempunyai tanggung jawab besar atas semua perbuatan yang dilakukan oleh siswa. Suasana kelas belum kondusif karena tidak terdapat guru pendamping khusus bagi siswa tunagrahita. Sistem penilaian untuk siswa tunagrahita tidak terprogram.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 06:12
Last Modified: 25 Oct 2016 06:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34035

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo