UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI SDN GEDEG MOJOKERTO

MAULIDIYAH, WARDAH FAHMAH (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI SDN GEDEG MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wardahfahm-45586-1-pendahul-n.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wardahfahm-45586-2-babi.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Keyword : Implementasi, pendidikan, karakter, kegiatan pembiasaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan di SDN Gedeg Mojokerto. Pertanyaan penelitiannya terkait dengan pelaksanaan dan ketercapaian implementasi pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah dan guru. Data dikumpulkan melalui teknik pengamatan atau observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SDN Gedeg terimplementasi pada nilai-nilai pendidikan karakter yaitu religius, kreatif, mandiri, demokratis, tanggung jawab. Pelaksanaannya yaitu melalui penyediaan fasilitas berbagai program yang didesain untuk membentuk karakter peserta didik melalui kegiatan pembiasaan. Ketercapaian pendidikan karakter mencakup pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan di SDN Gedeg melalui: (1) pengintegrasian kedalam mata pelajaran, yaitu dengan merumuskan nilai-nilai pendidikan karakter kedalam perangkat pembelajaran, (2) melalui kegiatan pembiasaan terdiri dari kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, dan kegiatan pengkondisian. Secara umum, SDN Gedeg telah mencapai indikator keberhasilan pendidikan karakter dalam mengimplementasikan lima nilai karakter utama dan nilai disiplin, nilai gemar membaca, dan nilai peduli lingkungan yang menjadi fokus implementasi. Pendidikan karakter dievaluasi melalui monitoring, mengisi data, pengamatan, evaluasi kinerja guru, dan supervisi lapangan. Aspek-aspek evaluasinya mencakup pelaksanaan, ketercapaian target serta perbandingan kondisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 06:08
Last Modified: 25 Oct 2016 06:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34034

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo