UMM Institutional Repository

SELF EFFICACY SISWA SD KELAS VI DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SDN SAMBIREJO JOGOROTO JOMBANG

WIDIATMOKO, TEGUH (2016) SELF EFFICACY SISWA SD KELAS VI DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SDN SAMBIREJO JOGOROTO JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-teguhwidia-45337-1-pendahul-n.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-teguhwidia-45337-2-babi.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Keyword : Self Efficacy, Masalah Kontekstual, Kemampuan Matematika Matematika merupakan salah satu bidang studi yang ada pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Belajar Matematika merupakan suatu syarat cukup untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Dengan belajar matematika, kita akan belajar bernalar secara kritis, kreatif, dan aktif. Matematika merupakan ide-ide abstrak yang berisi simbol-simbol, maka konsep-konsep matematika harus di pahami terlebih dahulu sebelum memanipulasi simbol-simbol itu. Menurut teori Piaget, anak usia sekolah dasar pada umunya mengalami kesulitan dalam memahami matematika yang bersifat abstrak, karena keabstrakannya matematika relatif tidak mudah untuk dipahami oleh siswa sekolah dasar pada umumnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Soedjadi (2000) dalam (Ahmad Susanto, 2013 : 191) mengemukakan bahwa daya serap rata-rata siswa sekolah dasar untuk mata pelajaran matematika hanya sebesar 42%. Istilah keyakinan pada ilmu psikologi pendidikan biasanya diistilahakan sebagai “Self Efficacy”. Keyakinan bahwa seseorang dapat menguasai situasi dan memproduksi hasil positif Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Self Efficacy siswa kelas 6 SD berdasarkan kemampuan metematika tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah kontekstual di SDN Sambirejo Jogoroto Jombang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun langkah-langkah pengumpulan data menggunakan, Angket, Tes Masalah Kontekstual, Wawancara, dan Analisis data menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Self Efficacy Siswa SD kelas 6 Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Berdasarkan Kemampuan Matematika di SDN Sambirejo Jogoroto Jombang, Skor self efficacy matematika AA adalah 86,25 % , skor tersebut termasuk dalam kategori self efficacy tinggi karena lebih dari sama dengan 62,5%. Skor self efficacy matematika HSAD adalah 73,25%, skor tersebut termasuk dalam kategori self efficacy tinggi karena lebih dari sama dengan 62,5%. Skor self efficacy matematika RP adalah 60,625%, skor tersebut termasuk dalam kategori self efficacy rendah karena kurang dari 62,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 04:22
Last Modified: 25 Oct 2016 04:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34031

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo