UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH PADA MATERI MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD

FIRMANSYAH, IPUNG (2016) PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH PADA MATERI MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ipengemban-45353-1-pendahul-n.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ipengemban-45353-2-bab1.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengembangan, Media, Adobe Flash, IPS Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi baru dan pemanfaatan media IPS di sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian awal dilakukan media yang digunakan masih menggunakan media poster dan buku paket, dengan adanya keterbatasan ini maka di butuhkan inovasi baru dalam pengembangan media pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPS. Penggunaan media memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan interaksi antara guru dan peserta didik. Sehingga masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media Adobe Flash dalam materi mengenal jenis-jenis pekerjaan pada mata Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas III Sekolah Dasar agar tercipta proses pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Media dikembangkan dengan menunjukan yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial serta diuji cobakan pada peserta didik. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pengembangan media yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap, yaitu: pemilihan materi, pengembangan desain produk, validasi oleh ahli, revisi produk, dan ujicoba produk (2) produk akhir dari pengembangan media ini adalah adobe flash sebagai pembelajaran di kelas III Sekolah Dasar. (3) hasil penilaian oleh ahli media di dapat skor 87%, ahli materi dengan skor 80% dan ahli pembelajaran dengan skor 97% dari skor maksimal masing-masing 100% (4) hasil uji coba pada siswa kelompok kecil dan kelompok besar menunjukkan media adobe flash dalam kategori sangat baik dengan prosentase masing-masing 88% dan 89%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 04:11
Last Modified: 25 Oct 2016 04:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34028

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo