UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BAGI SISWA SDN KEMIRI I PASURUAN

WULANDARI, NINDA (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BAGI SISWA SDN KEMIRI I PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nindawulan-45355-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nindawulan-45355-2-babi.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Keyword : Implementasi, Pendidikan, Pembentukan Karakter. Membentuk karakter tidak bisa dilakukan dalam sekejap dengan memberikan nasihat, perintah, atau instruksi, namun lebih dari hal tersebut. Pembentukan karakter memerlukan teladan, kesabaran, pembiasaan, dan pengulangan, dan tidak hanya dengan IQ (kognisi) tanpa EQ (psikomotor), dan SQ (afeksi) saja dapat mengembangkan fitrah dan sumber daya insani menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Allah, berbudi luhur dan berbagai kemampuan untuk memikul tanggung jawab. Oleh karenanya perlu dilakukan penelitian dengan topik Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Karakter Bagi Siswa SD Kemiri I Pasuruan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan implementasi pendidikan karakter terhadap pembentukan karakter siswa, kendala-kendala yang dihadapi dan solusi menghadapi kendala-kendala dalam mengimplementasikan pendidikan karakter terhadap pembentukan karakter bagi siswa di SDN Kemiri I Pasuruan. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskripif kualilatif, dan teknik pengambilan sampel adalah random sampling, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan guru kelas serta dukumentasi yang diperlukan dalam penelitian ini, sehingga teknik analisis datanya adalah analisis deskripif kualilatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) pelaksanaan pendidikan karakter di SDN Kemiri I Pasuruan dilakukan melalui proses penanaman karakter siswa dengan pendekatan penanaman nilai, pendekatan perkembangan kognitif, pendekatan klarifikasi nilai dan pendekatan pembelajaran berbuat; (2) kendalanya adalah : kemampuan siswa yang kurang, dampak adanya perkembangan teknologi informasi, pergaulan yang semakin negatif, cara pandang yang berbeda antara guru dan orang tua, rendahnya pendidikan orang tua; (3) solusinya adalah dengan mengendalikan diri siswa, guru terus memberikan motivasi dan penghargaan yang sama atas prestasi yang mereka raih, dan mendorong mereka untuk lebih dapat menghargai orang lain, memberikan perhatian intensif, latihan-latihan, seperti: budaya suka berbagi dengan orang lain, orang tua perlu melatih anak bagaimana cara menegakkan peraturan, membuat jadwal harian dan pemantauan ketaatan siswa. Sehingga hasil penelitian ini dapat disarankan bagi sekolah untuk membentuk kredibilitas guru, bagi agar lebih dapat meningkatkan kemampuannya dalam memberikan pendidikan karakter kepada siswa, bagi orang tua dapat memberikan suri tauladan bagi putra putrinya, bagi siswa agar lebih dapat hormat, patuh, serta menjaga sopan dan santun kepada orang tua dan para guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 04:08
Last Modified: 25 Oct 2016 04:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34027

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo