VIRGIANTIKA, AFRISYA (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFATSIFATNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELAS 5 SDN SISIR 6 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-afrisyavir-45357-1-pendahul-n.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-afrisyavir-45357-2-babi.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Keyword : Hasil Belajar, Cahaya dan Sifat-sifatnya ,Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada kenyataannya bahwa hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya pada kelas 5 SDN Sisir 6 Batu masih rendah. Dari hasil observasi hanya terdapat 25% siswa yang dapat mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Penyebab dari permasalahan tersebut dikarenakan model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran konvensional dengan guru sebagai salah satu sumber informasi. Siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran, Berdasarkan permasalahan yang ditemukan peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Kelas 5 SDN Sisir 6 Batu”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya. Untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya, peneliti melakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian yaitu 32 siswa yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Dan dua observer selama penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh, presentase ketuntasan hasil belajar klasikal siklus I mencapai 37% dan pada siklus II mencapai 78%. Ketuntasan hasil belajar klasikal sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas yaitu 75% artinya terjadi peningkatan hasil belajar yang bermakna. Penelitian tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | Mr Ahmad Adi Husada |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 04:05 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 04:05 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |