UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFATSIFATNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELAS 5 SDN SISIR 6 BATU

VIRGIANTIKA, AFRISYA (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFATSIFATNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELAS 5 SDN SISIR 6 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afrisyavir-45357-1-pendahul-n.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afrisyavir-45357-2-babi.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Keyword : Hasil Belajar, Cahaya dan Sifat-sifatnya ,Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada kenyataannya bahwa hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya pada kelas 5 SDN Sisir 6 Batu masih rendah. Dari hasil observasi hanya terdapat 25% siswa yang dapat mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Penyebab dari permasalahan tersebut dikarenakan model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran konvensional dengan guru sebagai salah satu sumber informasi. Siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran, Berdasarkan permasalahan yang ditemukan peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Kelas 5 SDN Sisir 6 Batu”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya. Untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya, peneliti melakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian yaitu 32 siswa yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Dan dua observer selama penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh, presentase ketuntasan hasil belajar klasikal siklus I mencapai 37% dan pada siklus II mencapai 78%. Ketuntasan hasil belajar klasikal sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas yaitu 75% artinya terjadi peningkatan hasil belajar yang bermakna. Penelitian tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 04:05
Last Modified: 25 Oct 2016 04:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34026

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo