UMM Institutional Repository

ANALISIS KEMANDIRIAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN MOJOLANGU I MALANG

JOU, AHMAD (2016) ANALISIS KEMANDIRIAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN MOJOLANGU I MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadjou-45359-1-pendahul-n.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadjou-45359-2-babi.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kemandirian, Lingkungan (orang tua), Prestasi Belajar. Kemandirian merupakan salah satu unsur terpenting yang harus dimiliki peserta didik dalam proses belajar mengajar, karena dengan kemandirian dapat meningkatkan inisiatif peserta didik dan memperbaiki prestasinya. Peserta didik yang kurang mandiri dalam belajar dan peran serta lingkungan keluarga di rumah belum maksimal. Hal ini diketahui pada saat proses belajar mengajar, peserta didik terkesan pasif seperti tidak siap menerima materi yang disampaikan oleh guru. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan namun hanya beberapa peserta didik saja yang menjawab pertanyaan dari gurunya. Selain itu terdapat beberapa peserta didik yang tidak mengerjakan tugas atau PR yang diperintahkan oleh gurunya, peserta didik mengalihkan perhatian dengan mengganggu temannya yang mengerjakan soal. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis kemandirian dan lingkungan (peran orang tua) terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Mojolangu 1 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian analisis deskriptif. Sumber data adalah guru, siswa, dan orang tua siswa SDN Mojolangu 1 kota Malang sebanyak 17 orang tua siswa. Penelitian ini di lakukan mulai tanggal 25 April sampai 11 mei 2016. Penulis melakukan penelitian awal dengan mengamati langsung pembelajaran di kelas, kemudian penulis juga bertanya kepada guru kelas terkait dengan masalah atau hambatan yang dialami oleh anak ketika proses belajar mengajar berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa terlihat 7 peserta didik yang kurang mandiri di kelas, 3 peserta didik yang sangat mandiri di kelas, dan terdapat 7 peserta didik yang jarang mengerjakan tugas individu atau PR yang diperintahkan oleh gurunya. 14 Orang tua peserta didik yang lebih memprioritaskan pekerjaan dari pada membimbing peserta didik untuk belajar, dan 3 orang tua peserta didik yang selalu membimbing, mengontrol, dan membantu anaknya saat belajar di rumah sehingga peserta didik berprestasi di kelas .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 04:01
Last Modified: 25 Oct 2016 04:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34025

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo