UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA ROLLING BOARD PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

SULAIMAN, AHMAD (2016) PENGEMBANGAN MEDIA ROLLING BOARD PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadsulai-45360-1-pendahul-n.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadsulai-45360-2-babi.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengembangan, Media Rolling Board, Pembelajaran IPA.A Penggunaan media sangat membantu dalam proses pembelajaran, terutama membantu dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Pengembangan media sangat penting untuk menyempurnakan media yang sudah ada sebelumnya, khususnya media pembelajaran yang didesain pada mata pelajaran yang terdapat materi sulit dipahami oleh siswa. Penelitian ini fokus pada pembelajaran IPA materi rantai makanan dengan melakukan pengembangan media yaitu Media Rolling Board dengan tujuan untuk, (1) mengembangkan media pada pembelajaran IPA materi rantai makanan, (2) mengetahui keefektifan media Rolling Board pada pembelajaran IPA materi rantai makanan di kelas IV SDN Kersikan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan metode Research and Development (R&D), dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini adalah dokumen perencanaan pembelajaran guru kelas IV dan hasil angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran IPA. Sumber data yaitu guru kelas IV dan siswa-siswi kelas IV SDN Kersikan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dan kuisioner. Kegiatan analisis data yang digunakan ada 2 metode yaitu (1) analisis data kualitatif (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan), (2) analisis data kuantitatif (validitas angket ahli dan respon siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Rolling Board telah melalui tahapan uji validasi yaitu validasi ahli materi, validasi ahli media, dan validasi ahli pembelajaran IPA. Berdasarkan validasi ahli media menghasilkan persentase 89% dengan kualitas sangat baik. Menurut ahli materi, media Rolling Board sudah mencangkup materi rantai makanan yang dipelajari di kelas IV denga hasil persentase 92% dengan kualitas sangat baik. Menurut ahli pembelajaran IPA bahwa media Rolling Board sudah dapat menunjang proses pembelajaran dan membuat siswa semangat dan paham tentang materi rantai makanan dengan hasil persentase 93% dengan kualitas sangat baik. Terbukti dengan hasil uji coba pada kelompok kecil dengan hasil 88,6% dan uji coba pada kelompok besar dengan hasil 93,5% kualitas sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media Rolling Board dalam pembelajaran IPA kelas IV materi rantai makan di SDN Kersikan Gondangwetan dapat digunakan sebagai bagian dari pemanfaatan media untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:56
Last Modified: 25 Oct 2016 03:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34024

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo