UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SISWA KELAS III DI SDN TEGALGONDO

JADISMA, ANA (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SISWA KELAS III DI SDN TEGALGONDO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anajadisma-45361-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anajadisma-45361-2-babi.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Keyword : Kemampuan Bercerita, Metode Role Playing Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa kemampuan bercerita siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi tentang peristiwa masih rendah. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan adalah 70, tetapi siswa yang belum tuntas sebanyak 13 siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran kemampuan bercerita siswa dalam pembelajaran tematik menggunakan metode Role Playing pada siswa kelas III. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar kemampuan bercerita siswa dalam pembelajaran tematik kelas III setelah menggunakan metode Role Playing. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Tegalgondo, dengan jumlah siswa 19 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan teknik analisis data secara kualitatif dan analisis data secara kuantitatif. Berdasarkan hasil PTK yang telah dilakukan ditunjukkan bahwa presentase hasil belajar rata-rata nilai pada siklus I siswa yang tuntas belajar yaitu sebanyak 14 siswa sedangkan yang tidak tuntas adalah 5 siswa dari 19 siswa yang mengikuti tes. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 74,21% dengan ketuntasan yang dicapai sebesar 73,68% dengan nilai yang terendah adalah 60 dan yang tertinggi adalah 90. Pada pelaksanaan siklus II, siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 siswa sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 1 siswa dari jumlah siswa yang mengikuti tes yaitu 16 siswa. Nilai rata-rata pada siklus II adalah 80,56% dengan ketuntasan yang dicapai sebesar 93,75% dengan nilai terendah pada pelaksanaan siklus II adalah 60 dan yang tertinggi adalah 90. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode role playing dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas III di SD Negeri Tegalgondo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:53
Last Modified: 25 Oct 2016 03:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34023

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo