UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 5 MALANG

MAHMUDIYAH, ANIS TARTILIL (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 5 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anistartil-45374-1-pendahul-n.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anistartil-45374-2-babi.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Keyword : Model STAD, Hasil Belajar, Tematik Pembelajaran tematik tidak dapat berjalan secara maksimal karena guru masih menggunakan metode lama yaitu ceramah dan tanya-jawab. Akibatnya siswa menjadi kurang kreatif di kelas sehingga nilai yang dicapai siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dalam pembelajaran tematik kelas IV SD Muhammadiyah 5 Malang, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dalam pembelajaran tematik kelas IV SD Muhammadiyah 5 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memaparkan data yang diperoleh secara alami dari data sebelum tindakan, selama tindakan dan sesudah tindakan. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Pembelajaran ini mengacu pada belajar kelompok siswa secara heterogen. Dalam belajar kelompok siswa saling membantu satu sama lain, tes akhir pada pembelajaran ini dilaksanakan secara individu dan siswa tidak boleh saling membantu. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan rencana yang dibuat, hal ini bisa dilihat dari lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa ; 2) ketuntasan belajar setelah menggunakan model kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan, terlihat pada ketuntasan klasikal saat pra siklus hanya 17%, dan pada siklus I 35%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:49
Last Modified: 25 Oct 2016 03:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34022

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo