UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMAKAIAN GAYA BAHASA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 08 DAU

DARMAYANI, (2016) ANALISIS PEMAKAIAN GAYA BAHASA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 08 DAU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-darmayani-45375-1-pendahul-n.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-darmayani-45375-2-bab1.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Keyword : Analisis, Gaya bahasa guru, Pembelajaran Gaya bahasa dalam konteks proses pembelajaran merupakan unsur penting dalam dinamika kelas, dimana guru dalam hal ini harus mampu mengolah pesan dengan semenarik dan seefektif mungkin supaya murid dapat mengkonsumsi ilmu dengan baik. Gaya bahasa memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap daya tarik peserta didik dalam mengikuti proses belajar diruang kelas, dalam hal ini diperlukan mendeskripsikan ragam, sendi dan jenis gaya bahasa guru yang dapat meberi motivasi siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga tercipta suasana yang nyaman, efisien dan tidak membosankan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data berupa gaya bahasa guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas III di SD Muhammadiyah 08 Dau yang diperoleh dari hasil transkipsi pembelajaran di kelas. Subyek penelitian adalah guru kelas III SD Muhammadiyah 08 Dau. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen penjaring data yang mencerminkan gaya bahasa guru dalam proses pembelajaran. Tekni analisis data dilakukan dengan dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya bahasa yang meliputi: ragam gaya bahasa perbandingan, pertentangan, pertautan dan perulangan, sendi gaya bahasa kejujuran, sopan santun dan menarik, dan jenis gaya bahasa berdasarkan pilihan kata, nada, struktur kalimat dan langsung tidaknya makna lebih sering digunakan guru pada kegiatan awal, inti dan akhir pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan ragam gaya bahasa lebih sering digunakan pada kegiatan awal, dan kegiatan inti pembelajaran, dan sendi gaya bahasa berdasarkan kejujuran, sopan santun dan menarik lebih sering digunakan pada kegiatan awal, inti dan akhir pembelajaran, dan jenis gaya bahasa berdasarkan pilihan kata, nada, struktur kalimat dan langsumg tidaknya makna sering digunakan pada kegiatan awal, inti dan akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:44
Last Modified: 25 Oct 2016 03:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34021

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo