UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN ROMAWI MELALUI TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS IV SDN REMBUN 01 KECAMATAN DAMPIT

SETIAWAN, DENI VERI AGUS (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN ROMAWI MELALUI TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS IV SDN REMBUN 01 KECAMATAN DAMPIT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deniveriag-45376-1-pendahul-n.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deniveriag-45376-2-babi.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Keyword : Hasil Belajar Bilangan Romawi, Model Pembelajaran Team Quiz. Matematika merupakan bahasa simbolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan sedangkan fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan berfikir. Selain interaksi yang baik antara guru dan siswa tersebut, faktor lain yang menentukan keberhasilan pembelajaran matematika adalah bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut. Berdasakan observasi awal terdapat kekurangan dalam pembelajaran matematika, yakni nilai hasil belajar siswa yang masih rendah itu ditunjukkan dari nilai sebagian besar siswa masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu model pembelajaran aktif yang dapat digunakan adalah model Team Quiz atau kuis kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Team Quiz untuk meningkatkan hasil belajar bilangan romawi di kelas IV SDN Rembun 01 Dampit dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar bilangan romawi di kelas IV SDN Rembun 01 Dampit setelah diterapakan pemebalajaran model Team Quiz. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Penelitiaan Tindakan Kelas (PTK) yang menggambarkan peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran yang telah diberikan kepada subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.Penelitian dilakukan melalui dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam penerapan model Team Quiz untuk meningkatkan hasil belajar bilangan romawi di kelas IV SDN Rembun 01 Dampit guru telah berhasil dan mampu meningkatkan aktifitas siswa. Dalam penerapannya siswa dibagi menjadi tiga kelompok, semua anggota kelompok yakni kelompok A, B, dan C. Kelompok A memberi pertanyaan kepada kelompok B. Jika kelompok B tidak dapat menjawab pertannyaan, lempar pertanyaan tersebut kepada kelompok C, begitu juga seterusnya. Pembelajaran diakhiri pembelajaran dengan menyimpulkan tanya jawab (2) peningkatan hasil belajar bilangan romawi di kelas IV SDN Rembun 01 Dampit setelah diterapakan pembelajaran model team quiz menunjukkan dari awal pratindakkan sebesar 27,25%, kemudian pada siklus I yaitu 63,65%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:42
Last Modified: 25 Oct 2016 03:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34020

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo