UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA DAKON BERKARTU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 04 BATU

SINTA, DEWI RAHMA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA DAKON BERKARTU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 04 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewirahmas-45378-1-pendahul-n.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewirahmas-45378-2-babi.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Keyword : Dakon Berkartu, Pembentukan Karakter Proses pembelajaran tematik dalam pembentukan karakter perlu diberikan kepada siswa dengan kemampuan berfikir yang logis dan kompetensi. Dalam pembelajaran tematik pembentukan karakter perlu dilakukan pada siswa dengan diberikan penguatan agar memahami dengan baik, sehingga akan melekat dalam pola pikir dan pola tindakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa media Dakon Berkartu dalam pembentukan karakter pada tema 7 “Cita-citaku” subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-cita. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan dan keefektifan media dengan pembentukan karakter pada saat pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Tahap-tahap pengembangan media Dakon Berkartu yang dilakukan adalah identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, untuk tahap kesepuluh produk massal tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli, ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, serta subjek siswa kelas IV SD Muhammadiyah 04 Batu sebagai calon pengguna produk. Subjek uji coba terdiri dari 10 siswa dan uji coba pemakaian 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, angket dan hasil belajar untuk mengetahui karakter yang muncul dari segi bekerjasama, percaya diri, dan menghargai. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan uji validasi ahli media dengan total 89,6% kualifikasi sangat baik, ahli materi 93,4% kualifikasi sangat baik, dan ahli pembelajaran tematik SD dengan kualifikasi 93,4% dengan kualifikasi sangat baik. Selain itu, hasil uji coba produk kelompok kecil pada 10 siswa kelas IV SD Muhammadiyah 04 Batu dengan total 100% kualifikasi sangat efektif. Sedangkan uji coba kelompok besar kepada 30 siswa kelas IV SD Muhammadiyah 04 Batu dengan total 71,8% kualifikasi efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media dakon berkartu dalam pembelajaran tematik untuk pembentukan karakter layak dan efektif dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:36
Last Modified: 25 Oct 2016 03:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34018

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo