UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU CERITA SISWA KELAS IV SDN NGAMPEL I KEC. PAPAR KAB. KEDIRI

KHORNIAWATI, DITA (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU CERITA SISWA KELAS IV SDN NGAMPEL I KEC. PAPAR KAB. KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ditakhorni-45380-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ditakhorni-45380-2-babi.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Keyword : Media, kartu cerita, kemampuan menulis Penelitian ini diawali dari hasil wawancara dan observasi, terdapat kesulitan yang dialami siswa kelas IV SDN Ngampel I Kecamatan Papar Kabupaten Kediri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan. Kesulitan yang dimaksud adalah siswa mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat, memilih kata dan kesalahan pengunaan ejaan. Hal ini dapat dimengerti karena, tidak tampak terlihat guru menggunakan media yang berperan sebagai alat bantu menjelaskan materi kepada siswa. Guru hanya menjelaskan materi yang tersedia dibuku ajar. Sehingga, hasil belajar siswa pada materi menulis karangan belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu cerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kemampuan menulis karangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan media kartu cerita. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini bertempat di SDN Ngampel I Kecamatan Papar Kabupaten Kediri dengan subyek siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Berdasarkan analisis pembahasan penelitian, dapat diketahui (1) penggunaan media kartu cerita dapat membantu siswa dalam menulis karangan. Karena, penggunaan media kartu cerita ini adalah dengan mengurutkan kartu-kartu sehingga siswa dapat belajar sambil bermain. (2) kemampuan menulis karangan dengan menggunakan media kartu cerita mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan dengan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 52,38%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%. Peningkatan hasil belajar tersebut membuktikan bahwa penggunaan media kartu cerita dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia SDN Ngampel I Kecamatan Papar Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:30
Last Modified: 25 Oct 2016 03:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/34016

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo